Saudaraku, Inilah Keutamaan Puasa Ramadhan


Pada pembahasan kali ini, kita akan mengkaji bersama mengenai keutamaan Ramadhan dan puasa di dalamnya. Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan amal yang saleh.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih  sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al-Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan,”(Dalam ayat ini) Allah ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ‘alaihimus salam.” (Tafsirul Qur’anil Adzim, I/501, Darut Thoybah)

Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan,”Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini karena banyaknya amal saleh dikerjakan sekaligus untuk memotivasi umat islam untuk melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan selain Ramadhan.” (Majalis Syahri Ramadhan, hal. 4, Wazarotul Suunil Islamiyyah)

Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah -yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan- saat diturunkannya Al Qur’anul Karim.

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ – وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ – لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Dan Allah ta’ala juga berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3)

Ibnu Abbas, Qotadah dan  Mujahid mengatakan bahwa malam yang diberkahi tersebut adalah malam lailatul qadar. (Lihat Ruhul Ma’ani, 18/423, Syihabuddin Al Alusi)

Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Doa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi)

Keutamaan Puasa

1. Puasa adalah Perisai

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)

2. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pahala yang Tak Terhingga

3. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

4. Bau Mulut Orang yang Bepuasa Lebih Harum di Hadapan Allah daripada Bau Misik/Kasturi

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى ، وَأَنَا أَجْزِى بِهِ . وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ ، وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَصْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ ، أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى امْرُؤٌ صَائِمٌ . وَالَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ، لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ ، وَإِذَا لَقِىَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

“Allah berfirman,’Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah,’Saya sedang berpuasa’. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya’. “ (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Puasa akan Memberikan Syafaat bagi Orang yang Menjalankannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَىْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. قَالَ فَيُشَفَّعَانِ

Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata,’Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata,’Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan.’” (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani, periwayatnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Haytsami dalam Mujma’ul Zawaid)

6. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Bagi Orang yang Berpuasa akan Disediakan Ar Rayyan

Sahl bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama  Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga pembahasan di atas dapat mendorong kita agar lebih bersemangat untuk mendapatkan keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan dengan cara menghiasi hari-hari di bulan yang penuh berkah tersebut dengan amal saleh yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya yang mulia.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Maroji’:
Shifat Shaum Nabi fi Ramadhan,
Syaikh Salim Al Hilali & Syaikh Ali Hasan Al Halabi dengan sedikit tambahan

***

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Muroja’ah: Ustadz Abu Sa’ad
Artikel www.muslim.or.id

  • Dicky Budi Prasetyo

    Alhamdulillah sampai hari ini kita masih diberikan umur panjang dan nikmat sehat,iman dan Islam.
    Insya Allah kita nanti masih dipertemukan dengan tamu Allah yang istimewa itu yakmi bulan Ramadhan karena memang banyak keberkahan dan peristiwa-periswtiwa penting yang jatuh di bulan Ramadhan.

  • Nining Kusniar

    alhamdulillah artikel ini sangat berguna bagi saya, namun saya mau minta tambahan referensi lagi tentang fungsi puasa, trm ksh. wassalam

  • http://bindadukuh@gmail.com Subandi

    alhamdulillah dengan membaca tulisan ini mudah-mudahan menambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa, dan semoga kita bisa menjadi orang muttaqin

  • Erica

    Sm0ga. .Kajian dpt dbrithukan spy sma muslm msuk surga,

  • Annie

    Allhamdullilah kita telah memasuki bulan yang begitu kita nanti-nanti ini, semoga kebaikan-kebaikan yang ada di dalam Bulan Ramadhan dapat kita peroleh. Betapa indahnya bulan ini. Amin…

  • aji

    wah cocok buat isi pesantren ramadhan. thanks.

  • dhani ramadhan

    alhamdulillah kita masih dipercaya untuk berjumpa kembali dibulan yang mulia ini mudah-mudahan Allah SWT.memberikan kita kesehatan keselamatan diduniya maupun akhirat serta allah akan selalu memberikan pintu maaf bagi kita semua Allahumma Amiin.

  • Sendy

    Alhmdlah,artkel in m’buat saya tmbh smgt ngejalanin puasa,n jd nambh wawsn sy ttg bln ramadan,,,

  • http://www.akhmad06.student.ipb.ac.id akbar

    hem..jadi makin semngat menyambut Ramadhan..

  • Pingback: Rindu Ramadhan « The Mutarabbi

  • ichsan

    assalamu alaikum, boleh ga ana copy paste untuk ana jadikan brosur….

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #ichsan
      Wa’alaikumussalam. Boleh. Kami hargai jika anda mau mencantumkan sumber.

  • http://http//ahsantv mahdi

    assalamu’alaikum…. boleh ana share untuk sebarkan ke teman2… jzakallah khoirn..

  • Nurdin Bick

    syukran katsiir ….
    telah menyediakan artikel ini, semoga mendapatkan imbalan pahalan dari Alloh SwT.

  • Abu Laila

    Jazakallah, Artikelnya bagus, mohon izin saya mo ngopy artikel ini, Syukran!!!!!

  • ade kesuma

    alhamdulillah..mngingatkan kembali n menjadi tambah semangat,terima kasih..

  • Barala Go Blog

    Izin Copas Gan, Buat ikut partisipasi dalam menyebarkan ilmu agama….. terimakasih Gan,,,,, Allah Hu akbar

  • http://dilmil samian

    smga anakku jd ank yg soleh,solehah berbakti kpd ortu ,agma ,nusa dan bangsa ,rajin ibadahnya serta tdk nesunan amin…..

  • marsuki

    subhanallah sangat baiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkk.

  • http://www.yahoo.com fahrul

    samian says:
    15 August 2010 at 12:39 pm

    smga anakku jd ank yg soleh,solehah berbakti kpd ortu ,agma ,nusa dan bangsa ,rajin ibadahnya serta tdk nesunan amin…..

    Fahrul says: Aamiin,semoga menjadi seorang ulama atau minimal mengetahui agama dengan agama.

  • azwar

    semoga puasa kita mendapat rahmat dari Allah SWT dan menjadikan kita orang-orang yang bersyukur atas nikmat yang tidak tehitung nilainya,,dan semoga kesabaran ,keikhlasan n iman Dinul Islam selalu melekat dalam hati n jiwa kita sampai ajal memisahkan ruh dan raga kita…amin..untuk putriku semoga menjadi anak yang solihah berbakti kepada agama dan orang tua..

  • Pingback: Mari Sambut Ramadhan 1432 H / Ramadhan 2011 | CIPTO

  • Pingback: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah » Kumpulan Artikel Ramadhan Di Muslim.Or.Id

  • Pingback: Mari Sambut Ramadhan 2011 | CIPTO

  • http://jejakjejakjejak.wordpress.com DewanggaPSP

    Ini yang paling enak dibaca.
    Izin ana share kk.
    Jazakallah.

  • iwan

    ya Allah manfa’at bangettttttt…
    mantap lah buat MATERI BESOK NGAJARR…
    SEMGA allah memberi pahala yg mmenulis’a..
    AMINNNNNNNN…

  • http://imbarblog.blogspot.com imbar

    ana minta izin copy makalah ini….
    semoga menjadi ladang amal bagi antum…
    jazzakumulloh khoiron katsir….

  • http://semafpunsil.wordpress.com SEMA Faperta

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Izin copy ya…

  • mhermawan

    IJIN COPY PASTE YAH THANKS,

  • Ummu Almas

    ustadz izin untuk ceramah Ramadhan..jazaakallah khaer..

  • Pingback: [RAMADHAN] Saudaraku, Inilah Keutaman Puasa Ramadhan | Jual Beli Barang Bekas

  • nurjamil

    alhamdulillah, bertambah lagi khasanah keilmuan kita. Semoga bernilai ibadah disisi Allah SWT. amiiin…

  • Pingback: MARILAH MERAIH KEUTAMAAN PUASA RAMADLAN « cinta kajian sunnah

  • http://athokonline.blogspot.com/ Rahmat Athok Illah

    assalamu’alaikum,,,, saya mohon izin untuk juga kami post kan melalui blog kami… http://athokonline.blogspot.com/ trima kasih.

  • h.saidi, s.kep ners

    Tks. Smg ilmunya manfaat.

  • Pingback: MARILAH MERAIH KEUTAMAAN PUASA RAMADLAN | Cinta Kajian Sunnah

@muslimindo