Proposal Penerbitan Dan Penyebaran Media Mahasiswa “ULEENNUHA” Gratis

LATAR BELAKANG

Agama Islam yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa taala adalah agama yang berlaku sampai hari kiamat kelak. Selain masa keberlakuan yang panjang tersebut, agama Islam juga merupakan agama yang mencakup solusi di segala bidang kehidupan umat manusia.

Agama ini telah menjadi aturan yang sempurna sejak diturunkannya ayat yang artinya, Pada hari ini telah Ku-sempurnakan bagimu agamamu dan Ku-cukupkan atasmu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (QS. Al Maa’idah: 3). Kesempurnaan Islam pada hari itu telah mencapai puncaknya,sehingga ia merupakan pedoman yang tidak memerlukan adanya penambahan dan pengurangan.

Kesempurnaan agama yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mampu mengubah peradaban Arab Jahiliyyah menjadi peradaban Islam yang gemilang. Kesempurnaan aslinya agama ini wajib untuk dipahami oleh setiap muslim dan wajib pula untuk disebarluaskan ke seluruh penjuru bumi, agar menjadi solusi dari problematika umat manusia dalam segala bidang kehidupan, sehingga dapat mengangkat peradaban manusia kembali. Untuk menyebarluaskan kesempurnaan dan keaslian agama ini, dibutuhkan kerja yang serius dan sungguh-sungguh serta kontinu dari berbagai unsur pendukungnya.

Zaman yang terus bergulir maju seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesatnya merupakan realita sehari-hari yang ada di sekeliling kita. Penggalan waktu saat ini, yang secara khusus disebut sebagai “akhir zaman” telah dikabarkan penuh dengan cobaan-cobaan, ujian-ujian, dan fitnah-fitnah yang ditimpakan kepada umat manusia, tak terkecuali diri setiap muslim. Setiap lapisan dari kaum muslimin mendapat ujian, cobaan, dan fitnah tersebut, baik itu pria, wanita, orang tua, dan tak luput pula para pemuda.

Para pemuda, yang pada hakikatnya adalah penerus peradaban, sangat rentan sekali tertimpa oleh fitnah. Banyak fitnah yang bisa masuk secara mudah ke dalam diri para pemuda. Diantara fitnah tersebut adalah munculnya slogan “waktu muda adalah waktu  untuk hidup foya-foya, masa untuk bersenang-senang” di antara para pemuda. Sebagian mereka mengatakan, “Kecil dimanja, muda foya-foya, tua kaya raya, dan mati masuk surga”. Inilah slogan sebagian pemuda. Jika para pemuda tersebut sadar, bagaimana mungkin waktu muda foya-foya, tanpa amalan sholeh, lalu mati bisa masuk surga. Sungguh hal ini ada hal yang mustahil. Untuk masuk surga pastilah ada sebabnya. Dan untuk masuk surga tidak mungkin hanya dengan foya-foya. Sadar akan hal tersebut.

Forum Kajian Islam Mahasiswa(FKIM) merasa tergerak untuk menyebarkan pemahaman yang benar tentang bagaiamana sikap yang benar yang harus diambil oleh para pemuda untuk menyikapi masa mudanya. FKIM merasa tergerak untuk menerbitkan sebuah media mahasiswa yang nantinya akan dibagikan secara gratis ketika penerimaan mahasiswa baru angkatan 2010/2011. Dengan diterbitkannya media ini kami berharap  bisa membuat para pemuda sadar, sehingga mereka dapat memanfaatkan waktu mudanya dengan sebaik-baiknya. Hanya pada Allah-lah tempat bersandar dan berserah diri.

SEKILAS TENTANG FKIM YOGYAKARTA

Lingkungankampusadalahlingkungandimanakaumintelektualmengasahotak, menelorkan ide danmemperjuangkanidealismemereka.Hal itulah yang mendasariterbentuknya FKIM.“Forum Kajian Islam Mahasiswa”.Sebuahorganisasi yang di dalamnyaberkumpulbeberapamahasiswadanjugasebagian lembagadakwahkampusatauseringdisebut SeksiKerohanian Islam (SKI) di beberapafakultas di UGM, yang bertjuanuntukmengendalikandanmengembangkanidealismetersebutsesuaisyariat Islam.Di awalberdirinya, banyak SKI selain yang ada di UGM bergabungdengan FKIM.Sebutsaja, UAD, UNY, UII, STIE, UMY.

FKIM bersifatindependen, terlepasdarisemuajeratanpartai, kelompoktertentuataupunaliranbaru di dalam Islam.FKIMadalahsebuahorganisasi yang menjembatanimahasiswauntukdapatmendapatkanluasnyasamuderailmusyar’i, ditengahkesibukanmerekamenjalankantugasnyasebagaimahasiswa. Banyakkegiatan FKIM yang telahmenjadikegiatanrutinataupundilakukanbekerjasamadengan SKI yang ada di UGM, misal: StudiDasar Islam (bekerjasamadengan SKI Teknik Kimia, SKI TeknikGeodesi, SKI D3 TeknikElektrodanTakmir Masjid IbnuSinaFakultasKedokteran UGM), Kajian Islam Aktual (bekerjasamadenganKedokteran UGM), kajianrutin (seperti yang dilaksanakanoleh SKI D3 TeknikElektro), pelatihanbahasaarab, danmasihbanyaklagi. TemukanselengkapnyatentangFKIM di situs www.fkim.org.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama Penerbitan dan Penyebaran Media Mahasiswa“Uleennuha” Gratis  dalam Rangka Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2010/2011.

 

BENTUK

Media ini akan dicetak sebanyak 8000 eksemplar.  Setiap eksemplar terdapat delapan halaman. Satu eksemplar terdiri dari dua lembar kertas A3 dengan layout landscape dan dilipat dibagian tengah. Adapun gambaran layoutnya sebagaimana yang terlampir.

TUJUAN

Adapun tujuan penerbitan dan penyebaranMedia Mahasiswa“Uleennuha” adalahsebagai berikut:

  1. Memahamkan dasar-dasar pembinaan pribadi seorang pemuda muslim, yaitu keyakinan yang lurus sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah, sebagai asas pokok pembentukan jati diri muslim.
  2. Memberikan pemahaman yang benar kepada para pemuda Islam tentang bagaiamana sikap yang benar yang harus diambil oleh para pemuda untuk menyikapi masa mudanya.
  3. Menggali faidah dari ayat-ayat Al Quran dan hadits-hadits Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam.

SASARAN

Media mahasiswa ini nantinya akan dibagikan kepada mahasiswa dari semua universitas yang ada di Yogyakarta, terkhusus mahasiswa baru angkatan 2010/2011.

WAKTU PEMBAGIAN

Untuk pendistribusian, media mahasiswaini akan kami bagikan ketika OrientasiPengenalanKampus (OSPEK) di masing-masing kampus.

Link Download Proposal

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailfacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail