Proposal Kajian Umum “Rahasia Keutamaan Amal” Al Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc

LATAR BELAKANG

Segala puji untuk Allah, Rabb yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji manusia siapakah yang terbaik amalnya di antara mereka. Salawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasul yang paling mulia, yang diutus dengan membawa kitab yang jelas, Muhammad Shallallaahu ’alaihi wa sallam, beserta sahabat, keluarga, dan para pengikut beliau yang mengamalkan sunnah beliau hingga hari kiamat. Amma ba’du.

Dibanyak tempat di dalam Al-Qur’an, Allah menyebutkan kata iman dan amal dengan bergandengan. Diantaranya firman Allah Ta’ala:

“dan Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.” (Ath-Tholaq: 11).

Di ayat di atas, setelah Allah menyebutkan iman, Allah melanjutkannya dengan menyebut amal saleh. Padahal, sebagai mana yang disepakati oleh Ahlus Sunnah wal Jama’ah bahwasanya iman itu mencakup keyakinan dengan hati, perkataan dengan lisan, dan amalan dengan anggota badan. Jadi jika disebutkan iman, maka sudah mencakup di dalamnya amal. Lalu kenapa Allah menyebut iman lalu menyebutkan amal di banyak tempat di dalam Al Qur’an? Padahal iman sudah mencakup amal.

Ulama’ menjelaskan bahwasanya penyebutan amal setelah iman menunjukkan pentingnya kedudukan amal dalam islam. Begitu pentingnya amal dalam islam, karena dengan amallah seseorang bisa meraih surga, sebagaimana firmanNya :

“dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun, tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka Itulah yang memperoleh Balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan, dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang Tinggi (dalam syurga)” (Saba’: 36).

“ dan Barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam Keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, Maka mereka Itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang Tinggi (mulia), (yaitu) syurga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. dan itu adalah Balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (Toha: 75-76).

Tidak hanya mendapatkan surga di ahirat kelak, namun juga Allah menyebutkan dengan beramal, seseorang akan mendapatkan kebahagian di dunia, sebagaimana firmanNya :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl: 97).

Ada banyak sekali keutaman-keutaman amal yang disebutkan di dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Akan tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui hal tersebut. Terbukti dengan adanya sebagian orang yang malas untuk beramal  dan meremehkan amal. Padahal, jika mereka mengetahui tentang keutamaan amal dan mengimaninya, niscaya mereka akan mengerjakan semua amalan yang mereka mampu.

Hal inilah yang melatarbelakangi kami untuk mengadakan kajian umum ini. Semoga dengan diadakannya Kajian Umum ini kaum muslimin bisa mengetahui apa saja keutamaan-keutamaan amal dan bisa meningkatan amal soleh mereka.

NAMA KEGIATAN

Kajian Umum Bersama Al Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc.

MATERI

Kajian ini akan mengangkat tema “Rahasia Keutamaan Amal”.

TUJUAN

Kajian ini diadakan dengan tujuan:

  1. Memahamkan dasar-dasar pemahaman pribadi muslim, yaitu keyakinan yang lurus sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman yang benar.
  2. Memahamkan tentang keutamaan amal berdasarkan nash dari Al Qur’an dan As Sunnah.
  3. Memahamkan tentang pentingnya beramal berdasarkan nash dari Al Qur’an dan As Sunnah.

SASARAN

Kegiatan ini diadakan dengan sasaran masyarakat muslim di Yogyakarta dan sekitarnya secara umum.

PELAKSANAAN

Kegiatan ini Insya Allah akan diadakan pada:

Hari, tanggal  :  Ahad, 18 Juli 2010

Waktu              :  Pukul 08.00-11.45

Tempat            :  Masjid Ma’had Jamillurrohman, Sawo, Wirokerten, Banguntapan, Bantul

Pemateri         :  Al Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc

Materi               :  “Rahasia Keutamaan Amal”

Kajian tambahan bersama beliau :

Hari, tanggal  :  Sabtu, 17 Juli 2010

Waktu              :  Ba’da Magrib – selesai

Tempat            : Masjid Baiturrohman, Jalan Veteran Komplek Polri Gowok, Blok B-2/49, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta

Pemateri         : Al Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc

Materi               :  “Berbakti Kepad Orang Tua”

SUSUNAN ACARA

Terlampir

KEPANITIAAN

Terlampir

RENCANA ANGGARAN

Terlampir

KETENTUAN DONASI

Terlampir

PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami susun. Semoga taufik dan pertolongan Allah selalu menyertai kita agar bisa melaksanakan acara ini dengan sebaik-baiknya. Tentu saja kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak sangatlah diperlukan. Dan hanya pada Allah lah kita bergantung dan meminta. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

DOWNLOAD PROPOSAL

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailfacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail