Macam-Macam Kemurtadan


Murtad berasal dari kata irtadda yang artinya raja’a (kembali), sehingga apabila dikatakan irtadda ‘an diinihi maka artinya orang itu telah kafir setelah memeluk Islam (lihat Mu’jamul Wasith, 1/338)

Perbuatannya yang menyebabkan dia kafir atau murtad itu disebut sebagai riddah (kemurtadan). Secara istilah makna riddah adalah: menjadi kafir sesudah berislam. Allah ta’ala berfirman,

وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآَخِرَةِ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Barangsiapa di antara kalian yang murtad dari agamanya kemudian mati dalam keadaan kafir maka mereka itulah orang-orang yang terhapus amalannya di dunia dan akhirat. Dan mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal berada di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah : 217) (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits ‘Aliy, hal. 32)

Macam-Macam Riddah

1.Riddah dengan sebab ucapan

Seperti contohnya ucapan mencela Allah ta’ala atau Rasul-Nya, menjelek-jelekkan malaikat atau salah seorang rasul. Atau mengaku mengetahui ilmu gaib, mengaku sebagai Nabi, membenarkan orang yang mengaku Nabi. Atau berdoa kepada selain Allah, beristighotsah kepada selain Allah dalam urusan yang hanya dikuasai Allah atau meminta perlindungan kepada selain Allah dalam urusan semacam itu.

2.Riddah dengan sebab perbuatan

Seperti contohnya melakukan sujud kepada patung, pohon, batu atau kuburan dan menyembelih hewan untuk diperembahkan kepadanya. Atau melempar mushaf di tempat-tempat yang kotor, melakukan prkatek sihir, mempelajari sihir atau mengajarkannya. Atau memutuskan hukum dengan bukan hukum Allah dan meyakini kebolehannya.

3.Riddah dengan sebab keyakinan

Seperti contohnya meyakini Allah memiliki sekutu, meyakini khamr, zina dan riba sebagai sesuatu yang halal. Atau meyakini roti itu haram. Atau meyakini bahwa sholat itu tidak diwajibkan dan sebagainya. Atau meyakini keharaman sesuatu yang jelas disepakati kehalalannya. Atau meyakini kehalalan sesuatu yang telah disepakati keharamannya.

4.Riddah dengan sebab keraguan

Seperti meragukan sesuatu yang sudah jelas perkaranya di dalam agama, seperti meragukan diharamkannya syirik, khamr dan zina. Atau meragukan kebenaran risalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau para Nabi yang lain. Atau meragukan kebenaran Nabi tersebut, atau meragukan ajaran Islam. Atau meragukan kecocokan Islam untuk diterapkan pada zaman sekarang ini (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits ‘Aliy, hal. 32-33)

Hukum yang Terkait dengan Orang Murtad

1. Orang yang murtad harus diminta bertobat sebelum dijatuhi hukuman. Kalau dia mau bertobat dan kembali kepada Islam dalam rentang waktu tiga hari maka diterima dan dibebaskan dari hukuman.

2. Apabila dia menolak bertobat maka wajib membunuhnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah dia.” (HR. Bukhari dan Abu Dawud)

3. Kemurtadannya menghalangi dia untuk memanfaatkan hartanya dalam rentang waktu dia diminta tobat. Apabila dia bertobat maka hartanya dikembalikan. Kalau dia tidak mau maka hartanya menjadi harta fai’ yang diperuntukkan bagi Baitul Maal sejak dia dihukum bunuh atau sejak kematiannya akibat murtad. Dan ada pula ulama yang berpendapat hartanya diberikan untuk kepentingan kebaikan kaum muslimin secara umum.

4. Orang murtad tidak berhak mendapatkan warisan dari kerabatnya, dan juga mereka tidak bisa mewarisi hartanya.

5. Apabila dia mati atau terbunuh karena dijatuhi hukuman murtad maka mayatnya tidak dimandikan, tidak disholati dan tidak dikubur di pekuburan kaum muslimin akan tetapi dikubur di pekuburan orang kafir atau di kubur di tanah manapun selain pekuburan umat Islam (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits ‘Aliy, hal. 33)

Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi

Artikel www.muslim.or.id

  • Rendy Meiaga

    Nice artikel…

    Ustadz, klo murtad lebih dari 3 hari terus tobat kembali kpd Islam gmn? apakah tobatnya diterima? Scara di negara kita blom diterapkan hukum gosok orang yg murtad..

    Syukron atas jawabannya..

    maju terus muslim.or.id!!

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Rendy
      Allah Ta’ala itu Tawwab (Maha Menerima Taubat), selama nyawa belum sampai di kerongkongan dan hari kiamat belum datang.

  • dharsono.sarju

    Ada beberapa strategi pemurtadan yang dilakukan oleh orang Nashrani, sasarannya adalah wanita muslim yang lemah iman, lemah ekonomi dan juga tidak ada bimbingan dari orangtua.
    1. mereka akan melakukan berkawan dengan akrab kepada wanita muslim, mereka akan menunjukan penampilan yang terbaik sehingga wanita muslim jatuh cinta kepada pria Nashrani.
    2. setelah akrab dan bercinta mereka melakukan stretegi Pacari.
    3. Setelah berpacaran stretegi berikutnya HAMILI. Kalau wanita sudah hamil sebelum nikah disuruh apa saja dia mau.
    4. Selanjutnya Kristenisasi. Nah kalo sudah ybs / orangtua sudah mentok / kepepet…..
    5. Baru pria Nashrani + konco2nya membuat acara Kawini wanita tsb.

    Waspada bagi orang tua, pria khususnya wanita muslim
    Wassalam.

  • http://www.yahoo.com Fahrul

    Assalamu’alaikum
    Ana sarankan ada artikel tentang kaidah penvonisan kafir ditambahkan dan diperjelas lagi agar kaum muslimin tak serampangan mengafirkan seorang muslimin atau muslimah. Mohon hal ini dipertimbangkan. Jazakallah. Karena ana percaya bahwa situs web ini sangat ilmiah dan terpercaya untuk saat ini.

  • http://www.yahoo.com Fahrul

    Assalamu’alaikum
    Ana minta izin untuk mengcopy dan/atau menyebarlusakannya. Jazakallah.

  • abang

    kalo jadi algojo, apakah ada pahalanya ? krn saya gemes liat kelakuan ulil abshar abdalla. Kalo suatu saat ada fatwa hukuman mati utk dia, saya berminat jadi algojonya

  • http://www.muslim.or.id/aqidah/macam-macam-kemurtadan.html habibah

    assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,, ana s7 dng akhi fahrul, mohon di perjelas lg agar orang2 tdk gmpang memfonis kafir pd seseorang. Syukron ilmunya, jazakallah

  • upin

    Assalamualaikum Ust, apakah menebak tulisan seseorang sehingga tulisannya dikaitkan dengan sifat orang tsb termasuk meramal (tujuannya hanya seru-seruan saja)sehingga dikatgorikan syirik ?
    Jazakallah.

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #upin
      Wa’alaikumussalam. Sifat seseorang yang kita kenal bukanlah sesuatu yang ghaib, sehingga bukan termasuk meramal. Dan sepengetahuan kami, hal tersebut termasuk ilmu psikologi, sedangkan ilmu psikologi hukumnya boleh selama tidak mengandung hal yang melanggar syariat. Sebagaimana penjelasan dari Syaikh Abdullah Al Faqih dalam fatwa ini.
      Namun kalau untuk seru-seruan saja, kami nasehatkan anda untuk mencari aktifitas yang bermanfaat dan berpahala.

  • abdul aziz

    minta izin untuk di sebarluaskan syukron

  • Irwan soe

    Asw ustad kalo yang ragu2 karena kurangnya ilmu dan pemahaman gimana? apakah murtad juga?

    kalo ada yg murtad wajib dibunuh? tapi kalo di indonesia kayanya blm bisa diterapkan, gimana tuh?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Irwan Soe
      Tidak murtad. Dinasehati dan didakwahkan semampunya.

  • http://www.yahoo.com Fahrul

    abang says:
    7 July 2010 at 5:15 pm

    kalo jadi algojo, apakah ada pahalanya ? krn saya gemes liat kelakuan ulil abshar abdalla. Kalo suatu saat ada fatwa hukuman mati utk dia, saya berminat jadi algojonya

    FAHRUL SAYS:
    SAYA BELUM MENDENGAR ADA ULAMA YANG MUMPUNI APALAGI MUI YANG MENGAFIRKAN SI ULIL ABSHAR,SEBAIKNYA KITA DOAKAN DIA BERTAUBAT.

  • http://www.yahoo.com Fahrul

    KALAUPUN ADA, SELAMA BELUM ADA KESEPAKATAN ULAMA SEMUA ALIRAN SEPERTI DI MUI,MAKA KITA KANGAN GEGABAH LANGSUNG MENGAFIRKANNYA

  • moch

    assalamu”alaikum,ijin share ya

  • muhamad imam

    assalamu’alaikum.

    jazaakalloh khoiron katsir atas ‘ilmu2 yg bermanfaatnya.

    ana mohon izin copy-paste ya..?!
    yg ini dan lain2-nya..!
    (ijazah mujmal neh..!??)

    alhamdulillahirobbil ‘aalamin.
    wassalamu’alaikum.

  • http://khasannah.blogspot.com abuzaid

    izin share yaa..jazakallah.

  • Aji

    Untuk FAHRUL apakah anda juga akan menyalahkan Umar Bin Khattab yang telah memenggal leher orang munafik karena tidak rela atas keputusan Rasulullah? Apakah engkau lihat beliau radhiyallahu’anhu meminta kesepakatan kepada sahabat yang lainnya dulu? Sesungguhnya agama ini dibangun atas dasar ilmu, dan Umar al Faruq adalah orang yang sangat memahami al-qur’an, dan dia menghukumi orang tersebut menurut dzhohirnya berdasarkan ilmu, sedangkan hati manusia siapa yang tahu selain Allah dan orang itu sendiri.

    Apakah kalau ada Ulama yang mengharamkan apa yang dihalalkan Allah dan menghalalkan apa yang diharamkan Allah anda juga akan mentataati mereka?? Memang ada orang-orang yang serampangan mengkafirkan orang lain, memang itu adalah kebodohan, tapi merupakan kebinasaan juga jika kita tidak mengkafirkan seseorang yang jelas2 kafir karena kita membenci tindakan orang yang bodoh tadi (gampang mengkafirkan) sehingga maksud hati menjauhi kesesatan, akan tetapi karena terlalu jauh sehingga kita sendiri justru menjauhi kebenaran dan binasa kepada kesesatan yang lain!

  • hayy

    sy minta izin sahre ye…
    terima kasih*

  • Rahmat

    assalamu’alaikum…
    jazakALLOHul khoir ustad atas ilmu nya,moga ALLOH subhaanahu wata’alaa melindungi kita dari macam2 kemurtadan…
    “YAA MUQOOLIBAL QULUUB TSABBIT QOLBII ‘ALAA DINIK”,”ROBBANAA LAA TUJIGH QULUUBANAA BA’DA ID HADAITANAA WAHABLANAA MILLADUNKA ROHMATAN INNAKA ANTAL WAHHAAB”

  • Pingback: Macam-Macam Kemurtadan « secretblackwar

  • jodi

    Ustad, waktu itu saya sedang solat. Mungkin ada setan yg mngganggu saya. Ntah knp saya mengatakn ‘tuhan punya anak’ d hati saya, mungkin krn mengikuti ajakan setan . Setelah selesai solat saya langsung berzikir minta ampun kpd Allah. Apakah itu termasuk murtad ustad?
    Trimaksih

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #jodi
      Tidak

  • Olive Viza Kamal

    ass…
    mau tanya nih kalo misalkan dia keluar dari agamanya (islam) itu disebut murtad, dengan pendalaman dia tentang non muslim begitu dalam ia balik lagi untuk jadi muslim, itu disebut juga dengan murtad atau buka?
    terimakasih.
    wasalam….

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Olive Viza Kamal
      Orang yang murtad kemudian kembali memeluk Islam, maka ia Muslim.

  • salsabilla

    ass..mw tany,bagaimana dgn wanita yg pindah agama ke non muslim krn terpaksa utk menikah sebab dirinya tlh hamil dgn laki2 non muslim? Tp dlm hatiny & dlm kehdpnny se’hari2 stlh menikah,dia ttp bertahan dlm islamnya. Apakah dia disebut murtad? Dan jk mmg dia tlh murtad,bgmn tata cara yg hrs dia lakukan agar dia bisa kembali disebut muslim? Trm ksh…wassalam

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #salsabilla
      Untuk kembali kepada Islam, cukup bersyahadat lagi.

  • febri zulkarnain

    saya ingin tanya apabila seseorang memahami alqur’an dan ternyata ia beranggapan bahwa sholat itu hanya untuk mengingat allah jadi ia beranggapan ketika telah mengingat allah untuk apa ia sholat kan sudah mengingat allah… trus yang saya tanyakan apakah ia termasuk orang kafir,,,? sedangkan ia masih percaya akan adanya allah dan rosulnya… trus apakah itu termaSuk pemikiran liberal…?

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.