Syarat Agar Taubat Diterima


Memang manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Namun manusia yang terbaik bukanlah manusia yang tidak pernah melakukan dosa sama sekali, akan tetapi manusia yang terbaik adalah manusia yang ketika dia berbuat kesalahan dia langsung bertaubat kepada Alloh dengan sebenar-benar taubat. Bukan sekedar tobat sesaat yang diiringi niat hati untuk mengulang dosa kembali. Lalu bagaimanakah agar taubat seorang hamba itu diterima?

Syarat Taubat Diterima

Agar taubat seseorang itu diterima, maka dia harus memenuhi tiga hal yaitu:

(1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya.

Taubat tidaklah ada tanpa didahului oleh penyesalan terhadap dosa yang dikerjakan. Barang siapa yang tidak menyesal maka menunjukkan bahwa ia senang dengan perbuatan tersebut dan menjadi indikasi bahwa ia akan terus menerus melakukannya. Akankah kita percaya bahwa seseorang itu bertaubat sementara dia dengan ridho masih terus melakukan perbuatan dosa tersebut? Hendaklah ia membangun tekad yang kuat di atas keikhlasan, kesungguhan niat serta tidak main-main. Bahkan ada sebagian ulama yang menambahkan syarat yang keempat, yaitu tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut. sehingga kapan saja seseorang mengulangi perbuatan dosanya, jelaslah bahwa taubatnya tidak benar. Akan tetapi sebagian besar para ulama tidak mensyaratkan hal ini.

Tunaikan Hak Anak Adam yang Terzholimi

Jika dosa tersebut berkaitan dengan hak anak Adam, maka ada satu hal lagi yang harus ia lakukan, yakni dia harus meminta maaf kepada saudaranya yang bersangkutan, seperti minta diikhlaskan, mengembalikan atau mengganti suatu barang yang telah dia rusakkan atau curi dan sebagainya.

Namun apabila dosa tersebut berkaitan dengan ghibah (menggunjing), qodzaf (menuduh telah berzina) atau yang semisalnya, yang apabila saudara kita tadi belum mengetahuinya (bahwa dia telah dighibah atau dituduh), maka cukuplah bagi orang telah melakukannya tersebut untuk bertaubat kepada Alloh, mengungkapkan kebaikan-kebaikan saudaranya tadi serta senantiasa mendoakan kebaikan dan memintakan ampun untuk mereka. Sebab dikhawatirkan apabila orang tersebut diharuskan untuk berterus terang kepada saudaranya yang telah ia ghibah atau tuduh justru dapat menimbulkan peselisihan dan perpecahan diantara keduanya.

Nikmat Dibukanya Pintu Taubat

Apabila Alloh menghendaki kebaikan bagi hamba-Nya, maka Alloh bukakan pintu taubat baginya. Sehingga ia benar-benar menyesali kesalahannya, merasa hina dan rendah serta sangat membutuhkan ampunan Alloh. Dan keburukan yang pernah ia lakukan itu merupakan sebab dari rahmat Alloh baginya. Sampai-sampai setan akan berkata, “Duhai, seandainya aku dahulu membiarkannya. Andai dulu aku tidak menjerumuskannya kedalam dosa sampai ia bertaubat dan mendapatkan rahmat Alloh.” Diriwayatkan bahwa seorang salaf berkata, “Sesungguhnya seorang hamba bisa jadi berbuat suatu dosa, tetapi dosa tersebut menyebabkannya masuk surga.” Orang-orang bertanya, “Bagaimana hal itu bisa terjadi?” Dia menjawab, “Dia berbuat suatu dosa, lalu dosa itu senantiasa terpampang di hadapannya. Dia khawatir, takut, menangis, menyesal dan merasa malu kepada Robbnya, menundukkan kepala di hadapan-Nya dengan hati yang khusyu’. Maka dosa tersebut menjadi sebab kebahagiaan dan keberuntungan orang itu, sehingga dosa tersebut lebih bermanfaat baginya daripada ketaatan yang banyak.”

***

Penulis: Abu Hudzaifah Yusuf
Artikel www.muslim.or.id

  • Cheppy Diah Affriantiy

    Ya Ilahi cukupkanlah kami dengan yang halal dari yang haram..

    syukranlakum

  • http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/syarat-taubat-diterima.html#comments wong dheso

    sudah bertaubat ( setelah puasa ramdhan ) tapi masih suka menghasut dan mengambil buku agama milik orang lain di masjid apakah taubatnya di terima sama Allah ?

  • wong kota

    Assalamu’alaikum ….

    Saya lihat komentar whong dheso kok banyak makna dan tuduhan , tolong dong maksudnya apa.yah….

  • Anggun

    sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku orang muslim.
    bagaimana jika taubatku tidak diiringi dengan tetesan air mata ? diterimakah taubatku ?

  • http://www.muslim.or.id satria

    kalau mau ditambahkan syarat yang lain adalah taubat tersebut dilakukan sebelum nyawa sudah sampai tenggorokan atau ketika matahari terbit dari barat.
    Adapun meneteskan air mata bukanlah syarat diterimanya taubat, jadi tidak mesti seorang yang bertaubat itu harus mengeluarkan air mata.

  • orang awam

    Bagaimanakah cara saya bertaubat dari dosa zina, apakah harus menjalani hukuman dera&diasingkan/dibuang? Terkadang penyesalan selalu datang kalau teringat perbuatan ini, walau saya kadang berusaha banyak beramal shaleh untuk menutupi dosa ini tapi masih ada perasaan seperti tidak akan diampuni oleh Allah.

    seperti diketahui, pemerintah kita tidak menjalankan hukum ini, kemana kiranya saya harus datang agar dijatuhi hukuman itu. saya takut jika hukuman dera ini tidak saya jalani kelak akan ada azab dari Allah yang akan menimpa saya entah didunia terlebih diakhirat.

    Terima kasih

  • Dawar

    Bagaimana taubat terasa enjoy? Jadi kan banyak orang yg taubat

  • tantri indriani

    syukron,
    semoga hari2 ana sll dihiasi dengan taubat…….
    semoga Allah mengampuni ana…….

    sekali lagi syukron……

  • hd

    ya Allah Maha segalanya … hanya kepadaMu aku meminta hanya kepadaMu aku berserah … terimalah permohonan ampun ku … amin

  • qorona milky ulfan

    assalam….
    mohon ijin untuk memposting artikel ini….
    semoga bisa bermanfaaat untuk orang lain…
    jazakalloh…..

  • http://yahoo.com hinakelana414

    Basuhlah jiwa dengan taubat nasuha, lalu pupuki dengan tawakal, ikhlas, sabar dan istiqomah dijalan Allah, Insya Allah akan tumbuh pohon keimanan yang buahnya sangatlah manis….dimana hati akan merasakan kelezatan beribadah kepada Allah, sungguh nikmatnya tak tertandingi oleh nikmat dunia apapun..dan jadilah dunia sebagai sorga sebelum sorga di Akherat…..

  • http://Muslim.Or.Id Salim

    Bgmn caranya agar sabar dlm menjauhi maksiat yg telah ditaubati yg kadang2 teringat kembali dan ingin mengulanginya lagi karena sudah terbiasanya melakukan dosa tsb?Syukron.

  • Regi

    KIta sebagai umat Islam arus Mengucapkan tobat karna kita tidak mengucap kan Kata tobat kita akan Terus dibayangin akanny Dosa

    BY: Regi

  • dia

    ya Allah,,
    dh byk dosa aku lakukan..
    namun masih x dapt nk atasinya..
    berikanlah kekuatan pada diriku ya Allah..
    AMIN…

  • Acy

    Yang halal akan di hisaB dan yang haram akan diazaB..dan azabNya sangatlah peDiH

  • Erin

    SubhanalLah,mha suci Allah..
    Saya baru mNyadari bhwa sya bgtu hina, sya slLu brtekad untk mNjadi lbiH baik..
    Tpi,slLu saja niat sya it tdak trlaksana..
    Saya sngat tkut dngan prbuatn saya..
    Di hati saya,yg sya pkirkan hanya taubat n taubat..
    Tpi knapa bgtu slit untk mgGapai it..
    ,stiap saya inGin brtaubt..
    Tiba2 dtang pkiran it laGi,pkiran yg mMbuat saya rendah,yg slalu soMbng…
    Bhkan saya sLlu mrasa pintar n bAik..
    Tpi trnyata,saya hnya seorg yg rendah dripda org lain..
    ,itlah yg mMbuat saya ingin brtaubt,..
    ..saya sngat tkut pkiran it dtang laGi..

  • http://findandick@yahoo.co.id Muadz

    Bagaimana kalau tobat tp masih dlakukan karena bisikan syaithon? Gmana cara menepis godaan syaithon?

  • riZcha

    bagi yg bnyk d0sa…segeralah bertaubat c0z skrng sdh bnyk bngt kjadian yg menimpa dunia nie…kt g khan prnh tau azal dtng mnjmpt kt..ok..

  • ahmad nabawi

    banyak orang yang ingin bertaubat tetapi ia takut dosa yang pernah ia perbuat terulang kembali,akhirnya ia tidak jadi bertaubat. bagaimana kita menyikapi masalah ini ? sahkah taubat seseorang yang telah memenuhi syarat2 taubat , namun dikemudian hari dia melakukan dosa yang serupa ?

  • Amin

    Ya allah ampuni dosaku khilafku, semua tjadi krn aku memperturutkan hawa nafsuku semata. Ya allah tlg bukakan pintu maafMu. hamba tak sanggup menanggung adzab yg akan hamba terima. tuntun langkah hamba agar senantiasa d jalanmu. amin

  • abu syamil

    taubat itu ternyata tidak mudah..

  • kendy

    saya cmn mo tanya,gmna solusi tobat agar tidak di ulang2 lagi(kapok)

  • barifbrave

    Assalamualaikum w.w. Saya orangnya suka onani. Nah saya mau tobat dan tidak mau onani lagi. Gmn caranya? Saya udah pernah coba, tetapi saya gagal lagi-gagal lagi. Tolong di jawab di e-mail saya. Syukron

  • http://Asharie@net.com Azhari bin M.daud

    Salamun’alaikum saudara2ku..
    Namaku azhari bin M.daud,aku asli N.A.D..
    Umur aku 25th.
    Saudara2ku…
    Sungguh sangat banyak dosa2 besar dan kecil y telah aku lakukan,bahkan lebih banyak dari pasir dilautan..
    maaf..! Bukan aku berbangga dg dosa2.
    Tapi…
    Agar saudara2ku mau ikhlash turut mendo’akan aku,agar Allah al-ghaffar,menerima taubatku,mengampuni aku,mengasihani aku,semoga taubatku benar2 menjadi taubat nashuha..
    AMPUNI SEGALA DOSA2KU YA ALLAH..
    Berdo’alah untukku saudara2ku.
    Wassalam.

  • Eva

    Bagaimana tata cara shalat taubat?

  • Azis

    Subhanallah… Hidup didunia hanya sementara dan yang kekal adalah diakhirat nanti…
    Sebelum nafas berhenti manfaatkan hidup ini dengan sebaik-baiknya…

  • novi wibowo

    bagaimana cara agar saya bisa bertaubat dari hidup yang saya jalani sekarang, hidup yang selalu melakukan kesalaha yang sama. saya ingin sekali keluar dari hidup yang saya jalani sekarang yang selalu makan uang orang lain.
    mohon bantuannya…

  • Hadi izzudien

    D bwah k’maha”n mu hamba b’sujud
    M’mhon s’percik ampunan
    B’rhap akan rahmat-Mu menylimuti raga ku
    M’nanti indah’y Hidayah-Mu
    M’nunggu suci’y Taufik-Mu
    Ya..robb dgn sujd ini bimbing hamba semua menuju k’ridhoan-Mu
    Ampunan-Mu adalh karunia terindh yg hamba harapkan

    syukron
    izZudien

  • tarkim

    mohon izin copas ya…nuhun

  • nurdin basyarah

    assalamualaikum….
    saya mau tanya bagaimana cara mengetahui dosa2 kita diampuni alloh dan taubat kita diterima?
    terima kasih
    wassalamualaikum…

  • dewi

    Saya melakukan kesalahan dalam hidup Saya,dan ALLAH memberikan teguran kepada Saya,Saya kehilangan apa2 yang Saya miliki, tetapi Saya tahu itu hanya semetara saja,Saya yakin ALLAH akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik.
    Dan Allah maha menerima pintu tobat,
    ikhlas dan sabar dan jangan lupa terus selalu berdoa dan meminta ampun….
    Kasih sayangnya sangat besar….

    Ya ALLAH cukuplah engkau sebagai penolongku…
    karna engkau sebaik-baiknya penolong..
    amin.

  • dewi

    ass
    Sekarang barulah saya menyadari dan terimakasih u artikel ini,jujur saat ini Saya sedang dalam kesulitan yang besar…
    dosa2 yang sering saya lakukan sekarang terbuka dan terpampang jelas di pelupuk mata. Allah memberi teguran kepada Saya,tetapi inilah ternyata rasa cinta dan sayang Allah kepada Saya, karna rabb ku meberi teguran kepada ku dahulu,sebelum ia memeberi azab pedih untuk ku.. nauzubillahiminzhalik.
    semoga di dalam ujian ini Alah memberi jalan keluar yang sangat indah.amin

  • Damar Wulan

    Ya Allah..Jadikan hambaMu yang hina ini tuk selalu bertaubat kepadaMu..jadikanlah hatiku dan seluruh organ tubuhku, tunduk patuh kepadaMu..dan jadikan hatiku..hati yang selalu mensyukuri semua pemberianMu..YA ALLAH..aku memang hina, tp aq jg MENCINTAIMU..bimbinglah aq Ya Allah tuk jadi KEKASIHMU..AMIN

  • http://www.dareliman.or.id niko

    saya telah bertaubat tapi saya ulangilagi bebuat dosa terbut pakah bila saya bertaubat bisa diterima taubatsaya

  • Agus Widodo

    jazakallahu..

  • ummi azka

    assalamualaikum, Ya Allah, semoga Engkau membuka pintu-pintu taubat pada kami seluruh kaum muslimin di bumi-Mu ini.Ampunilah dosa para pemimpin kami ya Allah.Berikanlah keberkahan bagi bangsa ini.

  • Aida zericha

    Saya adalah seorang manusia yang sombong.
    Saya sadar bahwa sayg banyak kekurangan,lemah,hina d mata Allah.
    Tapi saya bersikaras untuk menunjukkan bahwa saya yang terbaik,yang tidak pernah memiliki kesalahan kepada smua org kecuali kepada Allah karena Allah maha agung lagi maha mengetahui.
    Kenapa saya memiliki sifat seperti itu?
    Saya munafik kan?
    Saya malu sekali.
    Tapi saya masih melaksanakan perintah Allah,insyaallah saya masih mau sujud,saya sholat tapi dosa tetap saya lakukan.
    Bagaimana dengan pahala saya?
    Apakah diterima oleh Allah SWT?

    Saya ingin bertaubat sungguh-sungguh tapi kenapa saya tetap melakukannya.
    Saya takut dengan azab Allah.
    Ajari saya menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

  • sadam

    yya allah ampuni dosaku dan segala perbuatanku janganlah engkau beri aku dan keluargaku cobaan yang berat….jangan engkau masuki ku an keluargaku ke dlam neraka ….kabulkan permintaanku…berilah rizky untukku……lailahailallah

  • febri

    bagaimana jika ada seseorang melakukan dosa yang berulang-ulang tapi setelah orang itu melakukan dosa itu ia bertobat dan tak akan mengulangi lagi dosanya,tapi karena ia lengah dan ia melakukannya lagi lalu ia bertobat lagi,terus sampai 5 kali dan lebih tapi setelah melihat ini ia ingin kembali bertobat,dan bersungguh-sungguh tak akan mengulangi perbuatan dosa itu, apakah allah masih mengampuni? tolong jelaskan?

  • hamdi

    askum..
    syukran katsir
    ats artikel y..

    sya seorg yg penuh dgn dosa..
    dptkah sya berbagi dosa yg telah sya lakukan?

    alhamdllah stlah membca artkel ini, sya mndptkan pncrah,,
    namun, msh bnyk yg gmblang dihati sya..
    saat ini posisi diri sya bagaikan ikan teri yg berada di tengah lautn..

  • miskin ilmu

    @ Febri dan penanya yang lainnya, insyaallah artikel ini sebagai jawaban kegundahan hati kalian, semoga bermanfaat.
    http//:abumushlih.com/siapa-bilang-dosamu-tak-terampuni.html/#more-1208

  • miskin ilmu

    @ Febri dan penanya yang lainnya,
    Semoga artikel berikut dapat menjawab kegundahan hati kalian, insyaallah.
    http://abumushlih.com/siapa-bilang-dosamu-tak-terampuni.html/#more-1208

  • Khotibi

    berbicara masalah dosa adalah bebicara antara surga dan neraka, bagus sekali pembahasanya, tapi yang perlu diingat dan direnungkan sudaraku semua ” dosa tidak bisa dilihat tapi bisa dirasa, maka hanya yang merasakan dosa sajalah yang bisa kembali ke jala_Nya.

  • Khotibi

    berbicara masalah hati berarti berbicara masalah ketaatan dan kemaksitan berarti ada pahala dan dosa, pahal dan dosa adalah bebicara antara surga dan neraka, bagus sekali pembahasanya, tapi yang perlu diingat dan direnungkan sudaraku semua ” dosa tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan, maka hanya yang merasakan dosa sajalah yang bisa kembali ke jalan_Nya.

  • hari

    Allah betapa aku malu
    atas semua yang Kau beri
    padahal diriku terlalu sering membuaMu kecewa.
    entah mungkin karna ku terlena
    sementara Engkau beri aku kesempatan berulang kali agar aku kembali..
    dalam fitrahku sbg manusia untuk menyembahMu. betapa tak ada
    apa apanya aku di hadapanMu.
    aku ingin mencintaiMu setulusnya, sebenar benar aku cinta.. dalam
    doa, dalam ucapan, dalam setiap langkahku.
    aku ingin mendekatiMu selamanya, sehina apapun diriku.
    kuberharap untuk bertemu denganMu ya Allah..

  • dede

    oh tuhan beri kesempatan kepadaku untuk menjadi hamba-Mu yang bertaqwa…terimalah taubat ku ini!

  • susi

    apakah alloh akan memaafkan dosa hambanya yg pernah melakukan hal seperti berjinah,,,???
    mungkin hal itu teramat sangat di benci oleh alloh,,,
    tapi akan kah taubat seorang yg pernah melakukan jinah bisa di ampuni,,,????

  • amat

    cepat2 lah bertaubat wahai saudaraku kerna sebelum pintu taubat ditutup.tolong doakan supaya orang yang telah bertaubat mendapat kebahgiaan di dunia dan diakhirat

  • amat

    susi:saudara amat ingin bagi tau sama susi allah itu maha pengampun dan maha pemberi.tak kiralah besar mana pon dosa kamu.bertaubatlah wahai anak adam

  • amat

    niko: saudara amat sarankan pada niko supaya melakukan taubat nasuha yaitu sebenar-benar taubat dan berjanji tidak akan mengulangi lagi dosa.insyaallah allah akan menerima taubat kamu.cobalah niko

  • Hamba yg mau brtobat

    Bila seseorang telah zina,apakah tobat orng tsb d terima oleh Allah?Apakah hrus d rajam?

  • endang ningrum

    pentingnya hati terjaga dengan istighfar yang tak putus mengharap bimbingan kasih sayang dan ampunanNYA. Jagalah hati kami … ya Robb..

  • ingin taubat n”fitrah

    ass..bismillaahirrahmaannirrahiim…
    saudaraku..tolong bantu aku..terkadang aku lelah dengan hidupku..aku dah lelah berusaha berulangkali bertaubat,tapi aku gagal lagi dan lagi,bahkan aku sering mengeluh dan berontak..memohon pada SANG KHOLIQ untuk dibukakan jalan untuk menikah dengan pacarku,agar kami bisa bertaubat bersama,hingga ajal menjemput..atas segala dosa yg kami perbuat..tapi perbedaan dan kesalahpahaman trus ja mengusik perjalalanan hub kami..hingga aku serinh berucap utk bunuh diri saja..tapi hanya emosi..karena aku malu jika smpai tak jadi..karena kmi dah berhub selama 3thun setengah..padahal pernikahan dah direncanakan..tapi dia masih saja plinplan..hanya karena.perbedaan kecil..ya ALLAH..tolong aku..saudaraku tolong berikan aku saran..aku bingung..aku benar2 lelah..
    tolong berikan aku solusi..apa salah?karena keinginan ku hanya satu..yaitu bertaubat..bersamanya hingga ajal menjemput..aamiin..
    tolong berikan aku saran..trims

  • ahmad habib syafii

    Ya,…Semoga taubat bukannlah alasan karena egoku, tapi bener taubat yang mengharap ampunan atas semua dosa dan kesalahannku.

  • ahmad habib syafii

    bismillah,..ya allah jadi toubatku taubatan nasuha,…

  • ahmad habib syafii

    bagaimana kalau dosa yang kita pernah lakukan, terulang kembali tanpa direncanakan ?

  • Robby

    Yang tahu taubat seseorang itu diterima hanyalah Allah swt
    semata saja. Tetapi bila Allah menerima taubat seseorang, maka
    diilhamkan kepada diri orang tsb rasa taubat dengan meninggalkan
    segala perbuatan yg menyebabkan dosa dan beralih mengisi kalbunya
    dengan ketakwaan dan keikhlasan.
    Hanya Allah semata Yang memberi petunjuk dan Dia akan sesatkan
    siapaun yg Dia kehendaki. Wassalam

  • normala

    bagaimana kita tahu Allah benar2 sudah menerima taubat kita.

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Normala
      Tahunya adalah dengan terus menerus bertaubat dan terus memperaiki diri. Semoga Allah menerima taubat kita sekalian.

  • sapta hendra sutopo

    Alamdulillah semoga besar manfaatnya untuk saya…terima kasih

  • susanto

    saya orang yg lg dpt masalah ulah dri saya sndri, dlu cma iseng2 tp skrang jd masalh besar,saya sangat menyesal,cma skali mencoba menjd bahaya. bagaimanakh cara saya agr slu hati2 dlm stiap tindakan saya,mhon solusi dan nasehat,trimakasih.

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Susanto: Selalu memohon pada Allah, cari lingkungan yang bagus agar tidak lagi terpengaruh dosa dan maksiat.

  • http://www.gmail.com Fahrul

    Assalamu ‘alaikum
    Apakah taubat itu perlu melakukan shalat taubat,bagaimana tata caranya,dan mohon disertai dalil?

  • Rara ummu wafi

    izin copy..
    semoga Allah mejaga orang-orang yang berilmu

  • http://www.facebook.com suhardi Gc

    assalamua’laikum saudaraku, aku yg tlah banyak melakukan dosa, aku ingin sekali jadi orang yg brtakwa aku ingin taubat, intinya saya mohon dari saudara tolong tunjuki saya bagaimana cara melakukan taubat nasuha, trims

  • Abdul rachman

    Saya telah melakukan kesalahan2 dan dosa2 dan saya benar2 menyesali terhadap kesalahan2 dan dosa2 itu, dan uraian tadi mudah2an bermanfaat bagi saya yang ingin bertaubat serta meninggalkan dosa dan kesalahan2 saya. Semoga Allah menerima taubat saya dan bagi semua pihak dapat memaafkan dosa2 dan kesalahan2 saya, Amin ya robbal alamin

  • Imam taufiq

    Thank’s pnjelasanx . . .

  • mutz_mona

    ya alloh aku byk bgt dosaku kpd mu.dn smw itu hy engkau yg tau.maafkn dosa2ku ya alloh dn tunjukkan jln yg lurus pdku. Tuntunlah aku ke jln yg enkau rido dn jd.kan q wanita ya soleha .ya alloh kabulkn lah doa hamba .amin ya alloh

  • Nuraini

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    tlng brikn aq solusi bgmn crx agr aq bs bnr2 tobat. . .
    Dlu aq prnh berhbngn sprti suami istri sm pcrku,aq sngt menysal,smpe2 aq mengakhiri hbngku krna tdk mw terulng lg, . .aq tkut dgn azab ALlah,tpi stlh brp thun godaan dtng pdku,aq pcrn lg n berhbng lg dgn pcr bruku. . .
    Aq mw akhiri hbngn ini krna aq tdk mw hamil,tpi aq tkut bsk2 tdk ada yg mw trima aq ap adax dgn perbuatn yg tlh aq buat.Aq sngt menyesal,aq jg tdk mw kcewakn ortuku,tpi apa ble buat smua i2 uda trjdi. . Aq tkut karma berlaku,tlng brikan aq saran agar aq bnr2 tobat nasuha,

  • yudi

    terimakasih banyak untuk penulis. semoga dibalas dengan kebaikan yang belipat-lipat. Amin.

  • fajar

    alhamdulillah,terimakasih wasilahnya,mg2 saya selalu diberi hidayah

  • Beni

    Apabila telah bertobat maka diulangi lagi

  • parnonarno

    bila seseorang pernah melakukan dosa dan orang tersebut mengetauinya akan perbuatanya itu dosa,maka orang tersebut bartobat kepada allah apakah orang tersebut masih di ampuni dosanya.

  • ahmad woko

    kadang hamba menyesal danbertaubat tetapi kenapa terjerumus lagi bagaimana caranya agar pertaubatanku benar-banar dan bukan angin-anginan tobat-tobat sambal memang dosa membawa nikmat nafsu menggiring manusia ke dlm kebiadaban….

  • http://husnucom.blogspot.com M. Husni

    Syukron ala kitabatik

  • tarmidi

    saya sering TAUBAT TAPI BIKIN DOSA ASIK SIH

  • ramidi

    assalamualaikum

    aku telah lakukan dosa yg besar… dosa yg allah laknat jika ak lakukan… aku menyesal lepas ak lakukan dosa tersebut… lalu ak terus bertaubat.. dan berazam x ulangi perbuatan tu lg… tp dsebabkan iman yg sangat lemah… aku lakukan lagi dosa tersebut… kemudian ak taubat semula…dan berazam x ulangi perbuatan tersebut… tp perkara yang sama berulang.. adakah taubat aku diterima oleh ALLAH sekiranya aku bertaubat lagi???

  • ramidi

    apakah syarat2 taubat nasuha???
    klo kita ulangi perbuatan maksiat tersebut…
    taubat kita diterima tak???

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Ramidi
      Selama dosa pertama sudah ditaubati dengan benar, maka taubat pertama itu sah selama dosa tersebut tidak dianggap remeh.

      Coba perhatikan hadits berikut:
      “Ada seorang hamba yang berbuat dosa lalu dia mengatakan ‘Allahummagfirliy dzanbiy’ [Ya Allah, ampunilah dosaku]. Lalu Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa’. (Maka Allah mengampuni dosanya), kemudian hamba tersebut mengulangi lagi berbuat dosa, lalu dia mengatakan, ‘Ay robbi agfirli dzanbiy’ [Wahai Rabb, ampunilah dosaku]. Lalu Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa’. (Maka Allah mengampuni dosanya), kemudian hamba tersebut mengulangi lagi berbuat dosa, lalu dia mengatakan, ‘Ay robbi agfirli dzanbiy’ [Wahai Rabb, ampunilah dosaku]. Lalu Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa. Beramallah sesukamu, sungguh engkau telah diampuni.” [HR. Muslim]
      An Nawawi dalam Syarh Muslim mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan ‘beramallah sesukamu’ adalah selama engkau berbuat dosa lalu bertaubat, maka Allah akan mengampunimu.

  • adi

    ass. saudaraku. masih bisakah aku diberikan ampunan oleh allah.SWT. aku melakukan dosa besar dan pada saaat itu benar-benar bertaubat dan tidak akan melalkukan perbuatan lagi, namun belakangan aku melakukan perbuatan itu lagi. aku menyesal, meronta, kenapa aku harus melakukan dosa itu lagi. saudaraku bisakah taubatku akan di terima Allah?

  • Marjuni Suki

    Assalamu alaikum wbt.
    Didalam surah Al-Baqarah ayat 45 Allah swt berfirman: “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah)dengan jalan sabar dan mengerjakan salat,dan sesungguhnya salat itu amatlah berat kecuali kepada orang orang yang khusuk.”
    Salah satu kunci pembuka pintu,dimana didalamnya terdapat khazanah yang sekian lama menjadi idaman setiap insan dimuka bumi mendambakannya.
    Pengertian dari ayat tersebut jelas ditujukan kepada kita yang lemah dan memerlukan pertolongan. Lalu bagaimanakah pertolongan dapat kita kecapi? Tidak lain hanyalah dengan memperbanyak kesabaran dalam menghadapi kehidupan didunia yang sementara waktunya. Allah menjelaskan sekali lagi tentang kesabaran dalam surah Al-Baqarah ayat 153: “Hai orang orang yang beriman,mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat,sesungguhnya Allah beserta orang orang yang sabar.”
    Di ayat yang pertama sememangnya berat untuk melaksanakan kesabaran,apatah lagi untuk melaksanakan salat. Sedangkan sabar tanpa memerlukan tenaga yang kuat buat mengangkat dan menggerakkan tubuh badan sudah tidak bisa melaksakan,apatah lagi mengerjakan salat. Hanya dengan jiwa yang benar benar mempunyai keyakinan,kesungguhan,kecintaan,keinsafan dan keperibadian yang murni. Pasti tidak akan Allah meluupakan hambaNya selagi hambaNya mahu dan bersungguh sungguh mendekatkan dan meninggikan Nama Pencipta seluruh alam maya ini semampu yang tercapai oleh kita.
    Itulah kemahuan Allah guna diciptankan manusia dimuka bumi ini. Kalau bukan itu kehendak Ilahi biar saja binatang binatang dan tumbuh tumbuhan hidup dengan aman dan damai.
    Maaf. Wassalam.

    Marjuni Suki

  • http://an-naba.com salman

    Salah satu diantara rahmad Allah kepada hamba-Nya adalah, Dia tidak menganggap dosa sebagai harga mati, tidak pula dianggap sebagai sesuatu yang apabila sekali melekat, selamanya tidak dapat dihapus.
    Semoga Allah menerima taubatku….

  • http://rudi_firmandani@yahoo.com firmandani

    Dimanakah penolongKU?

  • ari widjaya

    Aku telah banyak berdosa dan aku telah diberi hukuman berupa kecelakaan yg mematikan. aku msh diberi hidup, tp knapa aku msh tdk bs mensyukuri, malah kadang aku emosi seolah2 aku apes dan ga trima aku mesti ngalami kecelakaan itu… sekarang aku takut banget, aku merasa akan diberi cobaan lagi dan lebih dahsyat, aku takuuut tapi ibadahku nol…

  • Lina

    ya Allah ampuni dosa2 hamba baik yg lalu, saat ini dan akan datang, dosa hamba pdMu dan pd Hamba2Mu,dosa yg hamba sadari maupun tidak,dosa lisan,anggota badan,bersitan hati maupun pikiran,dosa2 kecil,halus hingga besar dan kasar. Allahumma fighrlana ya Gofur Warhamna Ya Rahim. Allahumma Aamiin

  • Arif

    Allahuakhbar…sungguh aku menyesal pernah berbuat dosa pada orang tuaku, sbb tk pernah ku dgrkn kt2 mrk…skrg aku mnyesal, moga allah masih memberikan pintu ampunan yg besar kpd ku….Allah memang maha Adil, tk ada yg luput dari penglihatan Allah SWT.
    st ini aku bagaikan seonggok daging yg terombang ambing di atas dunia…

  • aku rindu kebenaran

    Tiada Daya dan Upaya Selain Hanya dengan ALLAH.
    -
    KEBENARAN ADALAH SUMBER KEBAHAGIAAN DAN KESUKSESAN.

  • http://covermut.blogspot.com/ herman van houten

    SubhanaLlahh…
    sMoGa jadii pedoman bagii hidup kitaa…

  • surya

    subbhanallah……sangat bermanfaat artikelnya…
    Allah Maha Pengampun lg Maha Penyayang….
    Semoga Taubat kita diterima Allah SWT…dan kita diberi perlindungan dr pengulangan dosa yg telah dilakukan. Amin…

  • Bantu saya menemukan orang untuk bertaubat

    Assalamu alaikum wbt.
    Sudah lama sekali saya mencari hidayah untuk selalu melakukan ajaran islam dengan baik dan benar, bertaubat yang sebenar-benarnya. Tapi hingga kini saya masih berasa hampa ketika sholat, tidak ada getaran yang terasa… penuh dengan lintasan2 pikiran dalam sholat / tidak khusu’ dalam sholat. Mohon kiranya bisa membantu saya menemukan tempat atau seseorang yang bisa bantu saya untuk bertaubat dan mencari hidayah…

    wassalam..

  • MULYADI

    Sesungguhnya kemaksiatan akan mendatangkan kesialan pada diri,istri dan bahkan piaraan dirumah.fudhail bin iyadh berkata “sesungguhnya bila aku melakukan satu kemaksiatan kepada Allah maka aku mengetahui nya berdampak pada pada sikap keledai,pembantu,istriku bahkan tikus-tikus yang ada dirumahku’(al-bidaayah wa nihaayah:10/199 ibnu katsir)
    mari kita sama-sama bertaubat, semoga Allah mengampuni kita semua amiin …

  • Fulan

    Bagaimana jika seorang muslim yang berosaha bertaubat dari dosanya, tetapi ia tetap saja terus menerus mengulanginya, meskipun hatinya sebenarnya tidak rela melakukan dosa itu. Maka berulangkali ia memohon ampun kepada Allah tiap melakukan dosa yang sama. Mohon diberi bantuan solusinya

    Wassalam

    (Dari seorang pendosa yang berharap ampunan dan rahmatNya)

  • as

    Semua pendosa mari kita2 sama mohon ampun bersama,semoga Rabb kita yang maha welaas aaih,yang maha teliti perhitungan Nya, yang Mha Rahmatnya mendahuluinya daripada murkanya, kita percayaa sebesar dosa apaun kita.asal kita tidak musrik dan masih menyembahnya dan berusaha tidak mengulangi lagi,pasti ampunan datang beserta rahmat Nya,amiin,karena semua perbuatan kita sepengetahuaNya, seandainya dia Mau,bakal tidak diciptakan pendosa2 seperti kita,akan diciptakan makluk yang selalu taat, itu mmg sepengetahuaNya

  • banu

    Allahu akbar,ampunilah aku atas dosa2ku,bimbinglah aku,agar tidak mengulangi dosa lagi,klo lah ada yg ringan2 saja,karena sbg manusia tdk luput dosa, sudah berat wahai Rabbku aku menanggung dosa2 ini.astagfirulloh..astagfirulloh, astaagfirulloh,mohon doa bersama bagi para pendosa, semoga dgn kita minta ampun bersama,Allah berkenan dan meridloi,amiiin

  • dhana

    ijin kopi paste…boleh?

  • muhammad m

    Askum.
    Ana FULAN Min Jawa Alwushtho.
    OrtuQ sering sekali memarahi Ibundanya sendiri ya’ni Simbahku.
    Mungkin karena lantaran Saya Kasihan sama Simbahku itu, maka Saya pernah berkeinginan untuk tidak berbhakti kepada Ibuku sebagai Niat membalas dendamkan untuk Simbahku (Hukum Karma).
    Namun, akhirnya kalo dipikir2 ternyata gak ada satupun alasan untuk melaksanakan niatku tersebut. Saya tahu betul bahwa Tidak ada satupun alasan untuk tidak Berbhakti pada Ortu kita. Saya menyesal, kemudian apa yang nusti Saya lakukan????????????????
    Syukron. Wassalam.

  • cashita

    Maha suci Allah
    artikel yg sgt bgus.. (thanks to writer)
    kt hrus ykn Dia Maha Pengampun

  • sri sari sugihartini

    ampuni hambamu ya Alloh…!dosa hamba bagai butiran pasir di tepi pantai,bagaikan lautan samudra….ampuni hambaMU ya ALLOH yang maha pengampun..!astagfirulloh halazjim la iliaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubbuh ilaiih….!

  • nandia

    ya allah kepadamu aku berserah dan hanya padamu hamba memohon pertolongan….
    hamba hanya seorang manusia yang hina lagi tiada upaya.
    ya rabb…
    ampuni aku dengan segala keridhoanMU
    lindungi aku dengan segala keagunganMU
    dan jagalah aku dari segala kemungkaran yang menyukutukanMU
    karena sesungguhnya hanya Engkau yang patut di sembah
    ALLAH MAHA BESR LAGI MAHA AGUNG….

  • Abu Hilmi

    Ustasdz ana mau bertanya masalah “Apa betul jika kita sakit panas(demam),maka artinya dosa-dosa kita yg kecil diampunkan ?

    • http://rumaysho.com Abduh Tuasikal

      @ Abu Hilmi
      Setiap musibah termasuk penyakit memang akan menghapuskan dosa.
      فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِى عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ
      Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa
      HR. Tirmidzi no. 2398, Ibnu Majah no. 4024, Ad Darimi no. 2783, Ahmad (1/185). Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 3402 mengatakan bahwa hadits ini shahih.

  • Abu Hilmi

    Jazakalloh atas jawabannya.

  • adlee

    hasbunallah wani’mal wakil…

  • haikal

    saya ingin taubat…tapi knpa ga bisa yah?, mohon penjelasan temen teman sekalian….

  • http://robetmas.blogspot.com rachmat

    asstagfirullah allazhim,….ampunilah hambamu ya ALLAH

  • http://www.yulissamoa.com Yulis Samoa

    Begitu banyak dosa yang telah hamba perbuat ya Allah… Tegur hamba selalu ya Allah… Allah hu Akbar…

  • hendyk.

    ya allah mohon ampun ak meminta kapadamu krn hambahmu ini telah melalaikan kewajiban yg engkau berikan kpd hambah-mu dan hambah-mu ini jg telah melanggar apa yg kau haramkan……
    mohon kemuliaan-mu ya allah…ampunilah dosa2 hamba-mu yg lemah ini………..

  • wahyu wahyudin

    alhamdulilah….terima kasih ya allah,kau tlah berikan aku kesempatan untuk berada dijalanmu.ampunilah dosa aku,istri dan dosa kedua orang tuaku,kau maha pengampun,pengasih dan penyayang.amiiinnnnn…..

  • arif

    Ya Allah..aq tlah bnyak berbuat maksiat.. Aq hina,aq kotor.. Ampuni sgala dosa2 hamba..tuntunlah hamba ke jln lurusMu..

  • Ryan

    assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
    ya ustadz ana izin share lg yah…agar diri ini selalu ingat…dan smoga brmanfaat bagi yg lainnya.

  • anto

    ya allah mungkin aku udah banyak meng ikari nikmat muw … aku hanya ingint tabah dant sujud hanya kepadamuw. … kuatkan aku ya allah semakin aku teguh bertaubat mestie ada aja coba ant yang berat ..,,,kuatkan aku ya allah

  • danang rahmat

    pak ustad .sy pengen taubat nasuha tapa yang menjadi ganjalan diri saya adalah perkawinan.sy sudah berumah tangga 18 tahun dengan istri yang pertama, karena tergoda oleh wanita lain rumah tangga ku jadi berantakan dan terjadi perceraian, padahal sy sdh di karuniai 3 anak ,karena akhir2 ini kurang harmonis sy mulai melirik wanita lain.trus sy pernah ber hubungan layaknya suami istri sampe hamil.dan dikahi
    yang menjadi pertanyaan saya
    saya sekarang masih berumah tangga dengan istri yang pernah saya hamili dengan pernikahan secara diam diam,bahkan tgl lahir dan alamt semuanya palsu,hanya saja kedua orang tua dan saksi saja yang sah, apa saya harus menikah lagi di ulang? apa saya harus kembali lagi sama istri yang tua?,karena saya kasian ama anak2.dan saya tidak bisa mencukupi kehidupan dengan istri yang muda, meskipun istri yang muda menyadarinya segala kekurangan saya.
    terimakasih

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #danang rahmat
      Jika ketika menikah terdapat wali dari orang tua istri anda yang sekarang, maka pernikahan anda sah dan tidak perlu diulang. Memalsukan tanggal lahir dan alamat pada identitas atau surat nikah adalah termasuk berdusta yang haram hukumnya. Kemudian anak-anak anda, tetap wajib untuk anda nafkahi. Sedangkan mengenai rujuk kepada istri yang pertama, ini adalah pilihan bagi anda. Jika anda memang memandang itu baik dan mantan istri pun setuju, boleh saja. Konsekuensinya anda memiliki 2 orang istri yang anda wajib berlaku adil kepada keduanya.

      Nasehat kami kepada anda, bertaqwalah kepada Allah dan mulailah memperdalam ilmu agama. Kenali aqidah yang benar dan pahami hukum-hukum agama. Sehingga anda mengetahui pahala dan adzab Allah serta mengetahui apa saja yang menghasilkan pahala dan apa yang menghasilkan adzab. Sikap acuh anda terhadap ilmu agama hanya akan membuat anda terus jatuh dalam lubang yang sama. Bukan tidak mungkin nanti anda akan tertarik dengan wanita lain lagi, lalu selingkuh lagi lalu dengan yang lain lagi dan demikian seterusnya. Wa’iyyadzubillah.

  • handhyka purwonegoro

    ya Allah karena HidayahMu aku bertaubat menemukan jalan yang lebih terang.Karena RahmatMu kini ku sesali perbuatanku yang telah lalu dan mengingkari ajaran RosulMu terima kasih Ya Allah atas petunjukmu..

  • eko johan wahyudi

    KUAT KAN HATUKU YA ALLOH.TUK SLALU MNGINGTMU,MEMUJAMU,DN SLAU BERIMAN KPD MU.AGAR Q DAPAT RIDHOMU SAAT WAKTU KAU MEMANGILKU NANTI.AMIEN.

  • choopies

    Gusti….. Dengan lopakan darimana lagi, air mata ini, aku alirkan’
    Dengan hati darimana lagi, hati ini memohon ampunku…..

  • Sasrito

    Ya Allah, dosa hamba amat besar ya Allah, tapi hamba yakin ya Allah rahmat dan ampunanMu jauh lebih besar. Ampuni dosa hamba ya Allah

  • http://muslim.or.id adam

    Kalau begitu ustaz binasalah diriku
    karna aku dapati hati ini tidak menyesal.
    Padahal ana berusaha untuk mnghdirkan penyesalan di hati hamba namun ternyata penyesalan adalah taufik yang allah berikan kepada yg dikehendakinya.sehingga ana mengharap taufik kepada allah untuk menyesal. Mohon bantu ana yang sedang wass2 ya ustadz.

  • nelis

    aku selalalu berbuat yg dibenci allah….apakh mash bisa bertobt…tp terkdg bingung krn setiap kali berbuat menyesal…tp gitu lg…trus apa yg aku beri selalu diucap terus gimanaya….aku ingin sekali menjadi wanita sholehah…apakah bisa….ya allah tolonglah hambamu ini….!

  • http://wawan WawanFitri

    Ya Allah… aq tlah banyak berbuat maksiat. Aq hina, dan Aq Kotor. Ampuni segala dosa dosa hamba ini.. tuntunlah hamba ke jalan yang lurusmu… semoga kehadiran saya dipesantren ini dapat mengubah hidup hamba.. Hati hamba terasa sakit apabila mengingat kejadian itu… maaf kanlah hambamu ini Ya Allah.. Dan hamba mu ini akan melakukan sunah Nabi Saw…

  • novi

    semoga Alloh kelak menjadikan matiku adalah mati yang khusnul khotimah… Amiin ya Robbal Alamiin

  • andi

    ya allah amupnilah osa hambamu ini..berikanlah hidayahmu.amin

  • rovik maulana

    ktika aku berjalan mnuju masjid,rasa tenang mengiringiku,tetapi saat aku brada dihalaman masjid prasaan yang smula tenang mnejadi terasa bgitu kecil & berubah menjadi rasa takut.
    saat aku masuk masjid ternyata aku sadar rasanya aku tak pantas brada,dan masih diijinkan masuk dalam masjid.karena aku tau dosaku sangatlah berat.tidak ada kata memohon lagi kcuali mohon ampunanMU ya ALLAH..
    dan tidak da kata selain syukurku padaMU ya ALLAH…
    aku hanya bisa berucap alhamdulillah….

  • http://yahoo.com tohirin

    ya allah kenapa setelah taubat ku ulangi lagi?berilah petunjuk…..dan jangan sampai terulang lagi sampai akhir hayatku,taubat nasuha

  • akhwat

    pak ustadz saya ingin curhat mengenai rumah tangga sehubungan dengan bertaubat…
    bisakah saya kirim email kpd pak ustadz…
    alamatnya kemana ya…terima kasih..

  • Rian

    assalamualikum wr, wb,

    bleh saya copy y,,,,,,,,,,

  • tiktik kurniati

    Ya Allah… Begitu bnyk dosa yg sdh hamba perbuat. Apakah ENGKAU msh mau memaafkan dan mengampuni dosa2ku??? Apa yg hrs hamba lakukan?? Dosaku seluas samudra…

  • http://www.optimal-pulsa.com dealer pulsa

    selalulah kita bertobat

  • khanif

    ya Allah,ampuni dosa-dosa kami,dan terimalah taubat kami ya Rob…

  • Wahyu

    Ass.Saya mau menanyakan perihal dosa besar.Kalau tidak salah zina termasuk dosa besar,apakah zina hati termasuk dosa besar tersebut?Lalu bagaimana caranya agar Allah mengampuni dosa dari zina hati tersebut?

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #Wahyu
      Yang jelas, meremehkan dosa adalah termasuk dosa besar yang sangat besar

  • mohd firdaus rakbi

    boleh saya tanya sesuatu? saya banyak buat dosa besar. selepas tu saya takut lalu saya pun solat sunat taubat… yang masalahnya, bukan sekali atau dua kali saya buat dosa yang sama dan solat taubat, tapi hampir satiap hari.. persoalan saya adalah adakah Allah masih mengampuni semua dosa saya walaupun saya sudah melakukannya hampir setiap hari. saya sudah cuba bertaubat tapi taubat saya hanya bertahan sehingga lebih kurang 2 atau 3 hari sahaja…

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #mohd firdaus rakhbi
      Imam An Nawawi berkata: “Jika seseorang berbuat dosa seratus kali, seribu kali, atau bahkan lebih banyak, dan setiap berbuat dosa ia bertaubat, maka taubatnya diterima. Bahkan jika dari ribuan perbuatan dosa tadi setelahnya ia hanya sekali bertaubat, taubatnya pun diterima” (Fathul Baari, 89/21)

  • rafi asyari

    ya alloh ampunilah dosa 2 yang telah ku perbuat yang senantiasa selalu mengulang perbuatan dosa tersebut.. ya alloh mup kan hambamu yang selalu nazar untk bertaubat tpi tak ters melakukan kesalahan yang sama.. ya alloh berilah cahaya dalam hidp dan bimbinglah hamba di jalan yang lurus ….

  • http://arce_novi@yahoo.com novi

    ya 4JJI aq mhon ampun kpdamu atas segala dosa yg tlah ku perbuat ampuni aq ya 4JJI ….

  • fulan

    Asslkm. ustadz,,
    saya ingin bertanya mengenai taubat,,
    saya sudah sering melakukan dosa namun setelah itu saya selalu menyesal kenapa saya bisa terjerumus lagi ke dalam dosa yang sama,,, :(

    sering muncul dipikiran saya, “apakah benar Allah mengampuni dosa saya, padahal saya seakan-akan “mempermainkan”-Nya (yaitu dengan berbuat dosa lalu taubat lalu dosa lagi dan seterusnya)…

    padahal saya sering merasakan pula bahwa mungkin taubat ini benar2 taubat yang benar tapi ternyata saya berbuat dosa yg sama lagi,,

    saya bingung,,
    mohon pencerahannya,,
    terima kasih

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #fulan
      Dalam sebuah hadits diceritakan:

      أإِنَّ عَبْدًا أَصَابَ ذَنْبًا فَقَالَ يَا رَبِّ إِنِّى أَذْنَبْتُ ذَنْبًا فَاغْفِرْ لِى فَقَالَ رَبُّهُ عَلِمَ عَبْدِى أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغْفِرُ الذَّنْبَ وَيَأْخُذُ بِهِ فَغَفَرَ لَهُ ثُمَّ مَكَثَ مَا شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ أَصَابَ ذَنْبًا آخَرَ وَرُبَّمَا قَالَ أَذْنَبَ ذَنْبًا آخَرَ فَقَالَ يَا رَبِّ إِنِّى أَذْنَبْتُ ذَنْبًا آخَرَ فَاغْفِرْ لِى قَالَ رَبُّهُ عَلِمَ عَبْدِى أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغْفِرُ الذَّنْبَ وَيَأْخُذُ بِهِ فَغَفَرَ لَهُ ثُمَّ مَكَثَ مَا شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ أَصَابَ ذَنْبًا آخَرَ وَرُبَّمَا قَالَ أَذْنَبَ ذَنْبًا آخَرَ فَقَالَ يَا رَبِّ إِنِّى أَذْنَبْتُ ذَنْبًا آخَرَ فَاغْفِرْ لِى فَقَالَ رَبُّهُ عَلِمَ عَبْدِى أَنَّ لَهُ رَبًّا يَغْفِرُ الذَّنْبَ وَيَأْخُذُ بِهِ فَقَالَ رَبُّهُ غَفَرْتُ لِعَبْدِى فَلْيَعْمَلْ مَا شَاءَ

      “Ada seorang hamba yang berbuat dosa lalu ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa, ampunilah aku’. Lalu Allah berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’. Lalu Allah berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’. Lalu Allah berfirman: ‘Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni. Lalu Allah berfirman: ‘Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanya’” (HR. Bukhari no. 7068)

      Dalam Fathul Baari dijelaskan Ibnu Hajar Al Asqalani berkata: “Makna dari firman Allah ‘Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanya‘ adalah: ‘Selama engkau selalu bertaubat setiap kali bermaksiat, Aku telah ampuni dosamu’”. Beliau juga membawakan perkataan Imam An Nawawi: “Jika seseorang berbuat dosa seratus kali, seribu kali, atau bahkan lebih banyak, dan setiap berbuat dosa ia bertaubat, maka taubatnya diterima. Bahkan jika dari ribuan perbuatan dosa tadi setelahnya ia hanya sekali bertaubat, taubatnya pun diterima” (Fathul Baari, 89/21)

  • http://www.yahoo.com Errin

    Aku ingin sekali taubat sepenuhnya pada-MU ya Allah, tetapi aku belum mampu sepenuhnya.

  • adel

    ya alloh ampuni hamba yang lemah ini……
    hanya padamu ya alloh hamba memohon dan meminta…lindungilah hamba dari segala mara bahaya ya alloh …….AMMMMIN….

  • liena

    oklah

  • masrizal

    ass..terima kasih

  • http://www.yahoo.com ergie

    bagai mana cara nya memperkuat keimanan untuk tidak mengulangi lagi kesalahen yg sama

  • wigati

    sungguh ilmu yang tak ternilai..

  • http://www.muslim.or.id YONO

    Asalamualaikum wr.wb
    saya adalah orang yang mengaku sebagai hamba ALLAH tapi saya selalu meninggalkan apa yang teah ALLAH perintahkan.saya selalu melakukan maksiat tanpa henti.saya sering berbohong pada orang-orang yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya.saya juga sring mengambil keuntungan dari hal yag bukan menjadi hak saya.saya pernah mencoba untuk bertaubat kepada ALLAH tapi saya masih saja selalu melakukan kesalahan yang sama..saya ingin bertaubat dengan arti taubat yang sesungguhnya.saya ingin kembali ke jalan ALLAH seperti saya baru di lahirkan dulu..saya ingin bersujud kepda ALLAH denagn sungguh-sungguh.tolong berikan pandangan buat saya supaya saya bisa bertaubat dengan tulus dan ikhlas.terimakasih .Wasalamualaikum wr.wb

  • yopi

    Ya Allah, aku memohon padaMU, Ampuni aku Ya Allah dari segala kesalahan, cukup ini teguran dariMU Ya Allah, Aku lemah, Kuatkan Iman, dan luruskan Jalanku, Aku ingin meninggalkan semua perbuatan buruk selama ini.

  • lina

    semega salah khilaf kita mendapat ampunan darinya

  • eni

    ustad,saya mau tanya.saya pernah melakukan satu dosa.kemudian saya bertaubat,dan mohon ampunan kepada AllohSWT,namun saya selalu dihantui rasa sesal yang berlebihan .kenapa yach?

  • mohd redzuan radzali

    yaallah ku memohon taubat darimu atas dosa-dosa lalu ampunilah hambamu ini…yaallah yang maha pengasih lagi maha pemurah.

  • http://taubat lulu

    ya allah, i’ve done soo many things that full of sin. Will u forgive me?
    Im tryin to close with u, hopefully that u’ll help me to be a better person.
    Now im no-one, i feel like im just peice of shit.
    Nobody trust me, no body believe in me, no body support me. But i knw u there to always help me.

  • hendra

    Ya Allah….. Ampuni dosa2ku, terimalah taubat hamba dan jadikan keluarga hamba sakinah dan selalu beriman kepadamu ya allah….

  • Kiky

    berbahagialah orang orang yg terhindar dari dosa besar atau pun dosa kecil,,,,,
    dosa besar biasanya di mulai dari dosa dosa kecil dulu,,,,, maka berlindunglah dari padanya dan berhati hatilah terhadapnya,,,,,
    klo kita terjerembab ke dalam dosa maka segeralah mohon ampun kepadaNya ( Allah ) sebelum kita mendapat murkaNya ( Allah ),,,,

  • Iyus

    Ya Allah kuatkanlah Hati ini agar selalu cenderung kepada kebaikan.. amiin ya robalalamin

  • ibnu basyir

    apakah ada sholat taubat itu?
    Jazakumullohu khoir

  • Handrus

    Ya Allah, Ya Rabb, Ya Maha Pengampun
    Ampunilah hambaMu yang lemah ini, karena hidup ini tak luput dari kesalahan. Kilaf dan janggal diri selalu ada. Hamba menyesal dan sangat takut akan adzabMu.
    Ya Allah, sesungguhnya hamba tak ada sedikitpun untuk mendurhakaimu, tapi godaan di dunia ini sungguh berat…Ya Allah tuntunlah hamba ini dan berilah HidayahMu selalu sampai akhir nafas dipenghujung waktu dan…menyebut nama AgungMu La illaha illalah……

  • heriperdinan

    ya allah ampuni dosa2ku hamba ini hina kotor lemah ,tak berdaya ……segala puji buat Mu ya allah………………semoga engkau mau membuka pintu taubat mu buat hamba mu ini…amin ya allah………….

  • alinlala

    Bissmillahirrohmannirrohom,,,,
    “ya Alloh,seju2r nya hmba malu dengan semua ini,,hamba gk tau hrus apa lagi,slain minta ampunan dari mu ya Alloh………..
    “ya Alloh ampuni lah dosa-dosa hamba,hamba khilaf,hamba mohon ampun ya Alloh…..
    ASSTAGFIRULLOH HALADZIMM…..

  • Riduan

    Ya Allah aku memohon padaMU ampuni dosa dosa ku karna aku takut kelak engkau akan menyiksaku hanya engkau lah yg dapat mengampuni dosa dosa

  • udik kurbiantoro

    bagaimana cara seorang istri sdh berzina, apakah boleh lansung bersetubuh dgn suaminya atau menunggu massa idah nya, krn dlm rahim nya sdh masuk sperma laki-laki lain ?

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #udik kurbiantoro
      Tidak saya sarankan untuk mempertahankan wanita pezina sebagai isteri anda.

  • dion

    MALAM INI MENJADI SAKSI TAUBAT NASUHA Q
    SMG ALLAH MENGAMPUNI SMUA DOSA2 Q
    TUNJUKKAN Q JALAN LURUSMU
    JAUHKAN HAMBAMU INI DARI GODAN2 SAITON2…..
    YA ALLAH Q RINDU KASIH SAYANG U
    Q INGIN MENDEKATKAN DIRI PD U DAN TDK MENGULANGI DOSA DOSA TRSBUT………AMIN……………..

  • triwiyono

    ya..Allah..ampuni segala dosaku.dosa yang aku sengaja dan yang tak aku sengaja.

  • fauziah

    apakah dosa2 yg prnah diperbuat hilang bgt saja dg taubat??setelah dg ap yg prnah diperbuat,bagai mana bs trjd????

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #fauziah
      Ya, jika memang seseorang benar-benar bertaubat dan memenuhi syarat-syarat taubat. Namun perlu menjadi catatan, hanya Allah yang tahu taubat seseorang diterima atau tidak.

  • HADI

    apakah dosa zina dengan istri orang juga bisa diampuni?sekalipun perempuan itu sampai hamil?hamba ingin bertobat ya Allah.ampuni hambamu yang kotor ini.

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #HADI
      Andaikan dosa seorang hamba seluas langit dan bumi, pintu ampunan Allah tetap terbuka.

  • Alie

    Maaf mas sblmnya, mungkin saya butuh sharing lbh dlm lg tentang taubat ini, mungkin bs dibantu konfirmasi ke email saya,
    Buat tmn2 yg sharing tentang ini, jgn menyerah,Allah Maha pengampun, asalkan kita mau benar2 menadahkan tangan kita dan yakin akan kuasa nYa,

  • AL

    ya Allah tolonglah aku agar tdk mlkukn dsa yg sll q axgap ringan ni… Ya Allah q tdk th hrs brdoa bgmn lg krn sy sdh menyetakan tobat brkli2 pd-Mu ya Allah nmun msh srix jg hambu Mu yg hina ni mlkukanx… Ya Allah sy mhon trma taubt ni dan tntunlah sya k jln yg bnr dan dridhoi oleh -Mu… Amien…

  • kodi

    mas apa kita wajib menikahi cewek yang kita zinai?

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #kodi
      Dianjurkan, tidak wajib. inilah pendapat Khalifah Umar bin Khatab.

  • lahan gersang

    astaghfirulloh..
    saya bersama mantan pacar dahulu senang mendekati zina (meski tdk bersetubuh).
    hingga suatu saat Alloh menegur kami. Ia memisahkan kami.
    Demi Alloh saya sangat menyesal dg apa yg telah kami lakukan.
    Waktu itu yg kami pikirkan toh cepat atau lambat juga kami akan menikah.
    tapi ternyata Alloh berkehendak lain. Ia memperingatkan kami dg cara memisahkan kami.
    sekarang pacar (mantan) saya sudah memiliki kekasih lagi.
    meski belum lamaran, mereka sudah berniat untuk menikah.
    saya ingin betaubat,saya ingin bertanggungjawab atas dosa yg telah saya ajarkan kpd mantan pacar saya, saya inggin menikahinya tp dia tak mau lg menerima saya. apa yg harus saya lakukan agar taubat saya dterima?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #lahan gersang
      Bertaubatlah, dan carilah pasangan yang agamanya baik.

  • http://www.desmiraya.com desmira

    ya Allah ampunilah dosa ku ini….
    sesungguhnya engkau maha tahu apa yang hamba lafazkan dan yang hamba pendam jadi penyesalan..

  • noname

    astaghfirulllahha’adziimm…

  • http://www.muslim.or.id a. riyadi

    semoga aq bisa jadi pribadi yg lebih baik lagi, amin

  • http://www.muslim.or.id a. riyadi

    takkan kuulangi dosaku ini.
    aku yakin bisa jadi pribadi yg lebik baik

  • roza

    aku sudah usahakan taubat, saat selesai berbuat dosa selalu ingin tAubat,tapi masih sering dosa itu diperbuat. TUNJUKI AKU YA ALLAH……….

  • aq cii atika

    kenapa ya? aq gak pernah bisa bertaubat???

  • rahmat

    silahkan buka http://www.asysyariah.com untuk rekan2 yang membutuhkan artikel penuh dengan dalil2 bermanhaj salaf

  • Hamba berdosa

    Apakah seorang pemaksiat dan terlanjur melakukan dosa-dosa besar mendapat ampunan dari Allah, gimana caranya bertaubat ??? Tolong jawaban secara jelas dan benar !!! Atas bantuannya terima kasih. Semoga Allah membalas segala kebaikannya, Amin !!!!

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Hamba berdosa
      Artikel di atas sudah cukup menjawab pertanyaan anda

  • ida

    aku ingin bertaubat, tetpi mengulang ny lgi dosa tersebut …. tunjukilah jaln yang benar….

  • Ibnu.H

    Berani Berbuat … ,
    Berani “BERTAUBAT” !!
    ( YA ALLAH, AMPUNKANLAH DOSA-DOSA SEMUA HAMBAMU YANG TELAH MENINGGALKAN PERINTAHMU DAN MELANGGAR LARANGAN-LARANGANMU ).
    “AMIN”

  • rizky sugita

    sy mau tnya bagaimana cara sholat taubat dan niatnya ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      @ Rizki
      Semoga Allah senantiasa berkahi antum. Cara shalat taubat adl 2 raka’at spt shalat sunnah lainnya, bacaan dlm shalat sm dg shalat lainnya. Niat cukup dalam hati, tdk ada lafazh tertentu yg diajarkan oleh nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

  • ali

    izin share ya akhi,, jazakumullah khair wa barakallahu fiik

  • Abby

    sya pernah mlakukan zina(bkan bersetubuh) dg pcar saya, saya bertaubat, tpi dengan cara sya harus pts dengan pcar sya krena dy tidak mw kalau sya tobat, sya sngat meyayanginya, saya sbnar.a jga tdk mw pts.tp saya mw tobat. apa saran yang terbaik ?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Abby
      Pacaran itu walau tidak zina adalah maksiat.

  • Purwani Neli

    Subhanallah, artikel sangat berguna bagi saya yg mengharap ampunan Allah. Terimakasih banyak, semoga Allah memberikan balasan kebaikan atas kebaikan penulis artikel ini.

  • http://Rafli_cba2104@yahoo.co.id Rafli kasep

    astagfirullaohalazim 3x,,ya alloh ya robbi,,hamba memohon ampunannmu,,hmba ingnin kembali ke jalannmu ya alloh,,,

  • Muhammad Dzikri Dwina

    Luar Biasa… sangat mermanfaat.. smoga alloh mengampuni semua kesalahan yang pernah kita lakukan…

  • infen

    saya ada jurus untuk bertaubat…
    petama niat yg sungguh2 dan menyesali dosa yg kt lakukan,
    jg janji pd dr kt sendiri tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi
    Semua perbuatan dosa di sebabkan karna kt kalah dg hawa nafsu
    nafsu yg tdk terkandali bisa mudah mendengar bujukan syaitan
    nah…sudah jls syaitan itu adalah musuh kita
    dan kt harus bisa melawan dan memerangi supaya kt tdk terjerumus krn nya

    gmn cara nya…?? ya di perangi…
    syaitan bisa lemes bisa loyo dg jurus2 tertentu
    apa itu…?
    yaitu dengan cara LAPAR….dan ISTIGHFAR…
    syetan tak kan terpedaya dg serangan puasa dan istighfar
    selamat mencoba bg yg ingin bertaubat, semoga berhasil…dan mendapat RahmadNya…amin

  • kartika

    jika seseorang telah mendekati zina (misalnya berpegangan tangan , peluka, ciuman)
    maka iya ingin bertaubat , bagaimana solusinya ?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #kartika
      Putuskan atau menikah

  • jumadi

    mudah2an gua bisa mengamalkannya…. aminnn…

  • Pingback: Syarat Agar Taubat Diterima

  • Pingback: Dosa Dan Taubat Bagi Seorang Muslim | AlUmmah

  • sari

    Ya..Allah, ampuni dosa hamba, dan bantulah hamba kembali kejalanMU.

  • Pingback: Taubat | Rully Prassetya

  • Pingback: Sarapan Pagi Episode 03 : Taubat – Ust Sulam bin Mustareja | Bahtera Ilmu

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.