Rahasia di Balik Sakit


Hidup ini tidak lepas dari cobaan dan ujian, bahkan cobaan dan ujian merupakan sunatullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dalam kehidupannya baik dengan perkara yang tidak disukainya atau bisa pula pada perkara yang menyenangkannya. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’: 35). Sahabat Ibnu ‘Abbas -yang diberi keluasan ilmu dalam tafsir al-Qur’an- menafsirkan ayat ini: “Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan.” (Tafsir Ibnu Jarir). Dari ayat ini, kita tahu bahwa berbagai macam penyakit juga merupakan bagian dari cobaan Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Namun di balik cobaan ini, terdapat berbagai rahasia/hikmah yang tidak dapat di nalar oleh akal manusia.

Sakit menjadi kebaikan bagi seorang muslim jika dia bersabar

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim)

Sakit akan menghapuskan dosa

Ketahuilah wahai saudaraku, penyakit merupakan sebab pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang pernah engkau lakukan dengan hati, pendengaran, penglihatan, lisan dan dengan seluruh anggota tubuhmu. Terkadang penyakit itu juga merupakan hukuman dari dosa yang pernah dilakukan. Sebagaimana firman Allah ta’ala, “Dan apa saja musibah yang menimpamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. asy-Syuura: 30). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)

Sakit akan Membawa Keselamatan dari api neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,” Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi. (HR. Muslim)

Oleh karena itu, tidak boleh bagi seorang mukmin mencaci maki penyakit yang dideritanya, menggerutu, apalagi sampai berburuk sangka pada Allah dengan musibah sakit yang dideritanya. Bergembiralah wahai saudaraku, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api Neraka.” (HR. Al Bazzar, shohih)

Sakit akan mengingatkan hamba atas kelalaiannya

Wahai saudaraku, sesungguhnya di balik penyakit dan musibah akan mengembalikan seorang hamba yang tadinya jauh dari mengingat Allah agar kembali kepada-Nya. Biasanya seseorang yang dalam keadaan sehat wal ‘afiat suka tenggelam dalam perbuatan maksiat dan mengikuti hawa nafsunya, dia sibuk dengan urusan dunia dan melalaikan Rabb-nya. Oleh karena itu, jika Allah mencobanya dengan suatu penyakit atau musibah, dia baru merasakan kelemahan, kehinaan, dan ketidakmampuan di hadapan Rabb-Nya. Dia menjadi ingat atas kelalaiannya selama ini, sehingga ia kembali pada Allah dengan penyesalan dan kepasrahan diri. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. (QS. al-An’am: 42) yaitu supaya mereka mau tunduk kepada-Ku, memurnikan ibadah kepada-Ku, dan hanya mencintai-Ku, bukan mencintai selain-Ku, dengan cara taat dan pasrah kepada-Ku. (Tafsir Ibnu Jarir)

Terdapat hikmah yang banyak di balik berbagai musibah

Wahai saudaraku, ketahuilah di balik cobaan berupa penyakit dan berbagai kesulitan lainnya, sesungguhnya di balik itu semua terdapat hikmah yang sangat banyak. Maka perhatikanlah saudaraku nasehat Ibnul Qoyyim rahimahullah berikut ini: “Andaikata kita bisa menggali hikmah Allah yang terkandung dalam ciptaan dan urusan-Nya, maka tidak kurang dari ribuan hikmah (yang dapat kita gali, -ed). Namun akal kita sangatlah terbatas, pengetahuan kita terlalu sedikit dan ilmu semua makhluk akan sia-sia jika dibandingkan dengan ilmu Allah, sebagaimana sinar lampu yang sia-sia di bawah sinar matahari.” (Lihat Do’a dan Wirid, Yazid bin Abdul Qodir Jawas)

Ingatlah saudaraku, cobaan dan penyakit merupakan tanda kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih). Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami keyakinan dan kesabaran yang akan meringankan segala musibah dunia ini. Amin.

***

Penulis: Abu Hasan Putra
Artikel www.muslim.or.id

  • someone

    ana juga lagi atit nie……. kalo lg atit emang agak susah beribadah kpd Allah… nggak fit dan tubuh lemah… hidung meler…. sholat jd gak konsen.

  • abdan

    syuokron,akhirnya anna merasa menemukan kembali ajaran rasulullah, setelah sekian lama anna tdk ikut taklim ash salafy,disebabkan anna harus merantau keluar,
    kepada ikhwan semuanya yang punya rekaman taklim atau dhauroh anna minta bantuannya supaya mengirimkan dalam bentuk fail apapun ke emel anna di: doni_midel@yahoo.co.id.
    semoga Alloh membalas kebaikan antum

  • WHY

    Assalamu ‘alaikum..kebetulan kmr saya habis nengok tetangga saya yg skt, seorang ibu,dia kena kanker paru2 stadium 3, melihat keadaannya rasany sedih, anakny msh kcl2 5 orng laki2 smua, klo msl ada yg bs memberi saran obat herbal yg bs digunakan sbg pendampng pengobatan medis, bs krm email ke will_ay@yahoo.com. Jazakillah.

  • bahtiar

    astagfirullah, terimakasih mengingatkan saya, karena saya sering lupa jika diberikan cobaan terus-menerus,,,ampuni saya ya Allah,,,,,

  • bintu ajaruddin

    alhamdulillah…yang memberikan nikmat sehat dan sakit kepada hamba-Nya.
    ana skrg dan ibu tercinta yg jauh dimata juga sdg diuji dgn sakit . mohon do’anya ya…smg Allah mnjadikan kedlam golongan orang2 yg sabar, diampuni dosa2 n cpt sembuh. jazakumullah khairan

  • Aspiani

    Alhmd…..Subhanallah….Astaghfirullah…Tadinya aku sempat berprasangka dgn sakit yg ku derita tp alhamd…Ana sekarang jadi lebih sabar dan ana merasa allah begitu syg ana,dan sakit ana jg sdh membaik.Subhanallah mungkin ini cara allah memberikan hidayah pd ana.

  • TK Islam Mutiara Sunnah

    Assalaamu’alaykum

    Jazaakallah khairan atas artikel nya yang Insya Allah sangat bermanfaat ini

    Assalaamu’alaykum

    http://mutiarasunnah.co.cc/

  • joko rahman

    assalammualaikum
    jazakalloh khoiron

    ana mohon izin kutip tulisannya,buat buletin jumat,ana cantumka penulis dan situs muslim

  • syifa firlana

    jazakallah khairan
    kini saya agak lebih bisa bersikap dewasa daam menggapi penyakat saya ini..

  • Yiefdha Mif

    Ya emng bner sii,
    low skit kta psti kn inget dgn Allah,.

    tpi kdng2 org skit d mlas tuk mngrjkn shlt,krn trkna air,
    low tymum tdk d tmkan debu,& lbh prh na lg
    tdk bsa tymum…
    He he
    mklum mnusia trbiasa brwdhu dgn air,tdk prnh dgn debu.
    Krn kn org yg bisa krn biasa,.

  • http://buletindarulilmy.blogspot.com khfidl khfidi

    syukron infonya ^_^

  • maya

    ilmu ini sangat manfaat, shg bisa jadi bekal manakala kita sdg diuji atau diingatkan Allah melalui sakit yang ada pada diri kita……atas akhlak kita yang selama ini salah.
    semoga Allah tetap meneguhkan iman di dalam hati ini sampai maut menjemput……….amin.

  • firdaus

    penyakit masih ada banyak yang tidak dapat ditemui penawarnya,
    haruskah kita menyatakkan ia sesuatu yang buruk?????????

  • Rosani Rizki Amilia

    maaf kalau lagi tit kan agak susah beribadah kepada allah swt . jadi seperti apa ya kita beribadah kepada allah swt. dengan cara baik dan benar..
    terimakasih sebelumnya

  • Muhamad eksan

    alhamdulillah qt bisa saling mengingatkan 1 saMa lain,.,.,.,mMang allah maha besar……

  • Noris

    Assalamu’alaykum …
    izin kutip tulisannya ya :)
    sya akn cantumkn nma penulis dan situs muslim ^_^

  • http://WWW.FACEBOOK.COM Faisal anwar

    Assalamu’alaikum..
    Ijin share y…n.n

  • anni

    Mohon ijin untuk sharing…

  • erwin winata el shirazy

    assallamualaikum wr wb …. subhanallah….. mhn izin share jg,,,,,

  • Mastrie

    Ya Allah, berikan kekuatan kesabaran dan ketabahan serta kemudahan dlm hamba mengalami sakit ini .kanker kandung kemih yg sangat menyakitkan tiada henti dan hamba serahkan kepadaMu ya Allah,jalan terbaik bagi kesembuhan hamba Mu ini…amiiin.

  • http://rusjan.blogger.com Joni Rusjan

    Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami keyakinan dan kesabaran yang akan meringankan segala musibah dunia ini. Amin.

  • Junaidi

    Trimakash atas cobaan mu ya Allah.. Dan smga yg menulis blog ini senntiasa dlm lindungan mu.

  • toha perwanda

    Sakit juga bisa di jadikan alat bersyukur karena sudah menghapus dosa..!

  • Harits yusuf

    Semoga Kanza lekas sembuh dari penyakit demam berdarah yg dideritanya.

  • Pingback: Berjuta Rasanya! « Azzahramuslimah's Weblog

  • Jessy Dalius Dahan

    Jagalah slalu akhlak dan prilaku, kesehatan atau sgala sesuatu dengan baik spanjang waktu agar jangan diberikan sakit yang berat dan berkepanjangan sehingga tidak merepotkan orang lain, jika sudah sakit tidak banyak yang diperbuat kecuali bersabar dengan kebesaran Allah.

  • Pingback: Rahasia di Balik Sakit « UMMU SYIFA'

  • novi talia

    alhamdulillah ana bisa share dn ana mau ijin share agar bisa berbagi kpd saudara yg lain ttng masalah Agama

  • zahrah

    makasih +an ilmunya, minta ijin share

  • ummi

    subhanallah….syukron katsiron atas ilmunya…..semoga kita selalu bersyabar dan mengingat allah swt

  • wbs

    jazakalloh atas ilmunya,ana izin share ya ustd,,,

  • http://kumpulan-artikelsunnah.blogspot.com/ Pras

    Artikel ini benar2 menghibur kaum muslimin.. Izin salin ke blog, a like this.

  • ami

    Alhamdulillah, jazaakullohu khoiron, syukron artikelnya bagus,pelajarannya sangat berharga, semoga Allah memberi kesabaran pada diri hamba, amin ya robbal alamin

  • Safee

    Jazakallah khairan . Ijin share ya

  • indra

    Semonga Allah lindungi penulis…Amin

  • https://twitter.com/#!/dinarardi dinar ardi

    jazaakAllah artikelnya sangat menginspirasi :)

  • Pingback: hikmah dibalik sakit… | pasangan jerman indonesia

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.