Keutamaan Menuntut Ilmu Agama


Dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiallahu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Dia akan memahamkan baginya agama (Islam).” [1]


Hadits yang mulia ini menunjukkan agungnya kedudukan ilmu agama dan keutamaan yang besar bagi orang yang mempelajarinya, sehingga Imam an-Nawawi dalam kitabnya Riyadhush Shalihin [2], pada pembahasan “Keutamaan Ilmu” mencantumkan hadits ini sebagai hadits yang pertama.

Imam an-Nawawi berkata: “Hadits ini menunjukkan keutamaan ilmu (agama) dan keutamaan mempelajarinya, serta anjuran untuk menuntut ilmu.” [3]

Imam Ibnu Hajar al-’Asqalaani berkata: “Dalam hadits ini terdapat keterangan yang jelas tentang keutamaan orang-orang yang berilmu di atas semua manusia, dan keutamaan mempelajari ilmu agama di atas ilmu-ilmu lainnya.” [4]

Mutiara hikmah yang dapat kita petik dari hadits ini adalah:

  1. Ilmu yang disebutkan keutamaannya dan dipuji oleh Allah Ta’ala dan Rasul-Nya adalah ilmu agama. [5]
  2. Salah satu ciri utama orang yang akan mendapatkan taufik dan kebaikan dari Allah Ta’ala  adalah dengan orang tersebut berusaha mempelajari dan memahami petunjuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam agama Islam. [6]
  3. Orang yang tidak memiliki keinginan untuk mempelajari ilmu agama akan terhalangi untuk mendapatkan kebaikan dari Allah Ta’ala. [7]
  4. Yang dimaksud dengan pemahaman agama dalam hadits ini adalah ilmu/pengetahuan tentang hukum-hukum agama yang mewariskan amalan shaleh, karena ilmu yang tidak dibarengi dengan amalan shaleh bukanlah merupakan ciri kebaikan. [8]
  5. Memahami petunjuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan benar merupakan penuntun bagi manusia untuk mencapai derajat takwa kepada Allah Ta’ala. [9]
  6. Pemahaman yang benar tentang agama Islam hanyalah bersumber dari Allah semata, oleh karena itu hendaknya seorang muslim disamping giat menuntut ilmu, selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala agar dianugerahkan pemahaman yang benar dalam agama. [10]

***

Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.
Artikel www.muslim.or.id

Footnote:

[1] HSR al-Bukhari (no. 2948) dan Muslim (no. 1037).

[2] 2/463- Bahjatun Naazhiriin.

[3] Syarah Shahih Muslim (7/128).

[4] Fathul Baari (1/165).

[5] Lihat keterangan Syaikh Muhammad bin Shaleh al-’Utsaiman dalam kitab al-Ilmu (hal. 9).

[6] Lihat kitab Miftaahu Daaris Sa’aadah (1/60).

[7] Lihat kitab Fathul Baari (1/165) dan Miftaahu Daaris Sa’aadah (1/60).

[8] Lihat kitab Miftaahu Daaris Sa’aadah (1/60).

[9] Lihat kitab Syarah Shahih Muslim (7/128) dan Faidhul Qadiir (3/510).

[10] Lihat Bahjatun Naazhiriin (2/463).

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Semoga Allah menunjuki kita pada ilmu yang haq.

  • Wawan yudho p

    Assalamu’alaikum..bagi saya semua cabang ilmu syar’i yg ad pada jaman sekarang masing2 memiliki keutamaan, namun krn keterbatasan ilmu, saya mau bertanya kepada ustadz ilmu apakah yg paling utama yg hrs saya pelajari, dan setelah itu apa lagi?

  • Abu Hanifah Alim

    @Wawan yudho p
    ilmu yg paling utama yg harus kita pelajari adalah ilmu tauhid,
    bagaimana kita bertauhid kpd Allah,
    macam2 tauhid dan yg berkaitan dg masalah tauhid,
    dan tentu bukan berarti ilmu yg lainnya tdk penting,
    namun kita harus mendahulukan yg lebih utama yaitu tauhid,
    wallahu a’lam,
    afwan sebelumnya krn ana lancang mendahului ustadz yg berhak menjawab pertanyaan ini, mudah2 bermanfaat untuk akhi Wawan dan diri ana,
    ana mohon koreksinya jika ana yg keliru.

  • http://toko-muslim.com/ Toko Muslim

    #Wawan Yudho P
    Wa’alaikumussalam
    Ilmu syar’i yang paling utama tentunya ilmu tentang aqidah, tentang pelajaran Tauhid secara terperinci agar kita menjadi seorang hamba yang hanya beribadah kepada Allah, tentang syirik secara terperinci agar kita menjauhinya dengan sejauh-jauhnya, kemudian aqidah tentang rukun iman, bagaimana iman kepada Allah, kepada malaikatnya dst…
    Silakan lihat artikel ini:
    http://muslim.or.id/aqidah/pentingnya-tauhid-1.html
    http://muslim.or.id/aqidah/pentingnya-tauhid-2.html
    http://muslim.or.id/aqidah/membekali-diri-dengan-tauhid.html
    BarakAllah fikum

  • http://muslim.or.id Abdullah Taslim

    Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh… Ilmu yang plg utma adlah ilmu ttg Allah, nama2,sifat2 dan perbuatan-Nya. Krn keutamaan suatu ilmu itu sesuai dengan keutamaan obyek yg dipelajarinya, dan sesuai dengan besarnya kebutuhan manusia thdpnya. Maka tidak ragu Allah adalah zat yang paling agung dan mulia, dak kebutuhan manusia utk mengenal-Nya melebihi segala kbthn manussia lainnya…dmkn rngkasan ketrangan imm Ibnul Qayyim…utk lbh jlsnya slhkan baca tulisan ana yg dimuat di mjlh As Sunnah edisi2 terakhir “Keutamaan mmpelajari ilmu ttg nama2 dan sifat2 Allah”…afw jwbnya ringkas…

  • Budiyanto

    karena itulah Al-Quran menempatkan orang-orang yang beriman, berilmu dan beramal sesuai dengan ilmunya pada derajat yang paling tinggi diantara manusia. Tiga serangkai: iman, ilmu dan amal adalah ajaran-ajaran fundamentil Al-Quran. (Firman Allah SWT: Al-Mujadilah (58):11 dan An-Nahl (16):97 )

  • Wawan yudho p

    Terima kasih atas jawaban ustadz, semoga Allah ‘azza wa jalla membalas kemurahan ustadz yang telah menjawab pertanyaan saya.

  • Wawan yudho p

    @Abdullah Taslim
    Assalamu’alaikum ustadz.
    Yg jd masalah bagi saya skrg adalah apakah cukup bagi saya belajar ilmu tauhid dgn cara otodidak saja, baik dari buku maupun dari media elektronik?
    Karena ditempat tinggal saya skrg hampir belum prnh saya temui pengajian2 yg membahas khusus tentang ilmu tauhid..
    Yang sy khawatirkan ketika sering membaca ttg ilmu tauhid kadang timbul pertanyaan2 yg sy sndri bingung mau brtanya kpd siapa..! Dan ketika sy memahami sesuatu dgn hanya membaca sy jd takut kalau ternyata saya salah dlm memahami.
    Inti pertanyaan saya adalah: bagaimana cara pembelajaran yang baik bagi saya?
    Trima kasih sekirany ustadz mau menjawab pertanyaan saya.
    Wabillahi taufiq wassalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh.

  • tarkim

    Assalamu’alaikum..
    mohon izin copy artikelnya..nuhun..

  • mohammadsofyan

    Buat Wawan Yudho, silakan terus mempelajari agama melalui sarana-sarana yang ada, diantaranya melalui media internet, buku2 agama dan taklim-taklim di kota anda. Insya Alloh, Alloh akan memberikan jalan kemudahan.
    وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
    69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS/29:69)

  • http://Yahoo.co.id Shondy al-Dageny

    Assalamu’alaikum,mohon ijin copast artikel..

  • nasirudin

    ustad terlebih ulama merupakan pewaris nabi sebagai lampu penerang ditengah2 gelapnya ruang.begitu saat ini pembawa penerangan ditengah umat sekarang ini yg semakin jauh dari ilmu agama.jazakumullohu khoir atas ilmu dan motivasi.

  • Ridwan As Sundawi

    Assalamu’alaikum,
    Ustadz ana izin pakai materinya buat bahan siaran ana di radio. Jazakallahu khairan.

  • rita setiawati

    syukron artikelnya,memang benar jk kita menuntut ilmu syar’i kita tdk akan pernah puas,krn ilmu itu yang menjaga kita sampai kita menghadap ROBBUL A’LAMIN

  • Ovic

    Smoga Allah senantiasa melindungi dan membimbingku ke jalan yg lurus/benar,dan senantiasa memberikan taufik dan hidayah bagiku dan orang2 di sekitarku…amiin,

  • Kak Wawan Jogja

    Assalaamu’alaikum wr wb
    Allah swt akan mengangkat orang yang beriman dan orang yang memiliki ilmu dengan beberapa derajat.

  • kevin

    kalau boleh tahu cara mempelajari dan memahami petunjuk Allah Ta’allah itu bagaimana?

    • http://rumaysho.com Muslim.Or.Id

      @ Kevin
      Dengan terus belajar dan belajar agama.

  • umi

    belajar ilmu agama sangat penting semakin tinggi ilmu semakin baik pula ahkhlak kita karna agama membimbing kita menuju ahkhlak yang mulia.jazakumuallahu khoir

  • Muhajir

    kalu bisa tampilkan yang berbentuk dalam pidato.
    saya pribadi sangat salut dengan adanya artikel seperti ini di terbitkan di Internet, karna dapat membantu sebagai ajang da’wa.

  • http://www.dar-us-salam.com ahmad

    saya sangat setuju ilmu agama itu kedudukannya di atas ilmu2 lain dan yang wajib di cari pertama kali.

  • http://www.dar-us-salam.com ahmad

    para generasi muda islam sekarang sangat kurang pemahamannya dalam ilmu agama sehingga tidak punya filter dalam menghadapi era modernisasi.mereka tidak tahu jika banyak budaya orang2 kafir yang telah mereka jadikan kiblat.naudzubillahi.dengan pakaian2 yang serba terbuka.penanaman rasa malu memakai hijab,dsb.inilah sebuah pergeseran nilai akhlak dan moral yang menjadi pekerjaan rumah para ulama kita.saya mendukung ijtihad yang telah mereka lakukan .walloho alam.

  • http://www.yahoo.co.id hilmatul maula

    sebelumnya sya mau minta izin bolehkah saya ngopi artikelnya sebagai bahan pembelajaran saya sebagai siswi mts

  • aris

    betul tuh bolee??

    mencantumkan http://www.muslim.or.id?

  • salwan

    ustad low kta glisah tanpa ada maslah, tu knapa??
    oya q nich orangnya jarang sholat. setiap adzan rasanya q mau pergi sholt tp da slalu da rasa yang melarang……
    yang q pertanyakan gmana caranya gar kita bisa melawan nya, serta hawa nafsu tuk bersenang2 pa bila waktu salat bisa kita lawan?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #salwan
      Banyak-banyaklah mengingat kematian, dan menyadari bahwa kematian bisa datang tiba-tiba. Banyak-banyak juga mengingat mengerikannya neraka. Allah mudah2an menambah ketaqwaan kepada kita.

  • Cut Faradillasari

    Saya, seorg gdis yg ingn menjadi gdis soleha..
    Tp, dgn bnyk@ godaan2 yg mnggoda di zmn modrn ini, tntu mnjd gds yg soleh dan taat kpd Allah tdklah mudh..stiap saat pst bnyk yg mrntangi..
    Sprti paksaan dr org lain, krn sy org yg susah utk mnolak pmntan org lain..
    Ptanaan sy, bgmn cr@ agr sy dpt tegas dgn ssorg bl org tersebut membawa sy keluar dr jalur islam? (misalnya tdk memakai jilbab)

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Cut Faradillasari
      - Anda sulit menolak permintaan orang, lalu bagaimana dengan permintaan Allah? Yang menciptakan kita dan memberi kehidupan serta banyak kenikmatan kepada kita. Apakah mudah untuk ditolak?
      - Selektiflah dalam berteman. Tinggalkan teman yang buruk demi cinta kepada Allah. Nabi Shallallahu’alahi Wasallam bersabda:
      من التمس رضا الله بسخط الناس ؛ رضي الله عنه ، وأرضى عنه الناس ، ومن التمس رضا الناس بسخط الله ، سخط الله عليه ، وأسخط عليه الناس
      Barang siapa yang mencari ridha Allah, walau membuat manusia murka, ia akan mendapat ridha Allah dan ridha manusia. Namun barang siapa yang mencari ridha manusia dengan membuat Allah murka, ia akan mendapat murka Allah dan murka manusia

  • prince rusdy

    Z mw na@ ne tentang msalah nafsu..
    Gmn cra m’ngatasi@ nafsu tdk baikq yg sgt tinggi ne krn beberp kli q b’taubat kpd Allah SWT, tp lama k’lama’an q m’lakukan@ lgi..
    Apkah jg q sgt b’dosa tlah m’ngingkari janji Z kpd Allah SWT…
    Tolong brikan jlan kluar@ co@ q t’jebak dgn nafsuq yg suka m’hayal-hayal yg tdk bnr..
    Trimah ksih..!!!

  • nhay fadilah

    sya kan kerja,,,
    pas waktu sekolah mah saya masih suka pengajian tapi semenjak saya kerja rasanya waktu saya habis d tempat kerja,,,
    bahkan baca qur’an pun hanya malam hari setelah pulang kerja,,,
    itu juga hanya sekali satu hari,,,
    saya ingin tetap menuntut ilmu agama,,,
    bagaimana ya caranya supaya saya bisa menuntut ilmu agama di tengah kesibukan saya,,,,,

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #nhay fadilah
      - Tumbuhkan kecintaan terhadap ilmu sehingga lebih besar dari pada masalah dunia
      - Renungkanlah, apakah anda sebenarnya memiliki waktu luang namun anda lebih memilihnya untuk bekerja dari pada menuntut ilmu?
      - Manfaatkanlah secara maksimal hari-hari libur anda
      - Manfaatkan radio, majalah, buku yang bisa menjadi media belajar yang fleksibel dan portabel.

  • Pingback: Keutamaan Menuntut Ilmu Agama | tolowai

  • irham

    semua hal pasti ada akibat baik dan buruknya

  • Abdullahtrimo

    asalamualaikum wrwb.saya mendukung syiar ini.lanjutkan dan mohonlah petunjuk allah swt.mudah”an allah swt merahmati kita semua amiin.ilmu ini sangat penting untuk disebarkan.tolong berikan lg kami ilmu agama ini dg pemahaman yg lain.wasalamualaikum wrwb.

  • http://yahoocom karomah

    assalamualaikum wr wb ustad bagaimana z crax biar sy bs menghaval ayat-ayat alqur’an dan mta peljran pdhl sy udah beberapa kli menghafal tapi tetep saja gak ada hasilnya ,.tolong saranx wassalam,.

  • hidayatul hikmah

    wahhh….waahhh da’wahx suanngat buagus bgt q jach langsung suka bacax gmn sie crax jd pengen tw nih n 1 lge nih knp g’ ttg remaja ckrng jach kan lebih seru he….he…..biar remaja ckrng tuch banyak yg taubat n g, meremehkan agama islam gtuuuu

  • http://fe.umy.ac.id paijo

    Like this. ^^

  • Abdul_mjp

    Sungguh bermanfaat. . .
    Trimakasih. . . .

    Haha
    jadi kepengen nyantren lagi neh! . . .

  • http://www.gader.org Gader.Org

    bagus-bgus nich ilmunya…semoga banyak manfaatnya bagi kita semua……

  • ipul

    Afawan boleh copy ustadz

  • yandi

    Asslmkm Izin Copy Ustadz,jazakallah

  • Pingback: Keutamaan Menuntut Ilmu Agama | Nur Anggit Blog's

  • Pingback: Pelajaran Dasar Agama Islam — Muslim.Or.Id

  • Pingback: Keutamaan Menuntut Ilmu Agama

  • Pingback: Catatan Orang Awam Tentang Mencari Cara Beragama yang Benar |

  • http://rizalbongkar.com rizalbongkar

    ada umpamanya seperti orang kelaparan,seperti halnya orang yg tidak punya ilmu agama,tak pernah mengeluh walaupun dg sesuap nasi
    allah tidak akan memberikan surga pada orang tsb kecuali dg mencari ilmu

  • Pingback: Keutamaan Menuntut Ilmu Agama | Rumah Tarbiyah

@muslimindo

  • muslimindoSiapa yg takut terhadap sesuatu ia akan lari darinya. Tetapi, siapa yg takut kpd Allah ia justru lari utk mendekatiNya - Abul Qasim Al-Hakim about 9 hours ago
  • muslimindoSurga adalah tempat di mana tidak ada masalah atau sakit, itu adalah sebuah kenikmatan yang abadi. about 13 hours ago
  • muslimindo[VIDEO] Orang Miskin Yang Sombong http://t.co/ngqf1I0zrz #muslimOrId about 13 hours ago
  • muslimindoI added a video to a @YouTube playlist http://t.co/wqIRpqlaTF Orang Miskin yang Sombong about 17 hours ago
  • muslimindoSobat, SADARILAH! Segala sesuatu dalam hidup kita direkam oleh Allah. http://t.co/UwKRDXXBs5 about 17 hours ago
  • muslimindoSiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Surga. (HR.Muslim) about 19 hours ago
  • muslimindoAllah akan selalu menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudara nya (sesama Muslim). (HR.Muslim) about 22 hours ago
  • muslimindoMemajang Kaligrafi Allah dan Muhammad Sejajar http://t.co/YCXisZ8DSL #muslimOrId about 23 hours ago
  • muslimindo#Sobatmuslim ketahuilah. http://t.co/FSigX66Rzg about a day ago
  • muslimindoKan selalu ada yang dapat kita syukuri dari pada yang kita keluhkan. about a day ago
  • muslimindoSiapa yang menutupi aib seorang Muslim, Allah akan menutup aib nya didunia dan akhirat. (HR.Muslim) about a day ago
  • muslimindoSiapa yg memberi kemudahan kepada orang yg berada dalam kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan baginya didunia dan akhirat. (HR.Muslim) about a day ago
  • muslimindoTransaksi Gadai (Rahn) http://t.co/Xk2nWU8HnK #muslimOrId about a day ago
  • muslimindoJadilah orang baik karena Allah, & janganlah buang waktu tuk mencari pembuktian dari manusia. about a day ago
  • muslimindoSiapa yg membebaskan seorang Mukmin dari suatu kesulitan di Dunia, Allah akan membebaskan nya dari kesulitan pada Hari Kiamat. (HR. Muslim) about a day ago
  • muslimindo#PERMATA AKAL http://t.co/MENz3YjJwR about a day ago
  • muslimindoTujuan Penciptaan Manusia http://t.co/GCJPoNW7QY #muslimOrId about 2 days ago
  • muslimindoHendaklah kamu mengingat Allah di waktu lapang (senang), niscaya Allah akan mengingat kamu di waktu sempit (susah) [Al-Hadits] about 2 days ago
  • muslimindo“hasbunallah wa ni’mal wakiil [cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung] (QS: Ali Imran Ayat: 173) about 3 days ago
  • muslimindoKu bersandar hanya kepada Allah. http://t.co/pR1sKFV9Lu about 3 days ago