Jangan Marah…


Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ada seorang lelaki berkata kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Berilah saya nasihat.” Beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah.” Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab, “Jangan marah.” (HR. Bukhari). Imam Nawawi rohimahulloh mengatakan, “Makna jangan marah yaitu janganlah kamu tumpahkan kemarahanmu. Larangan ini bukan tertuju kepada rasa marah itu sendiri. Karena pada hakikatnya marah adalah tabi’at manusia, yang tidak mungkin bisa dihilangkan dari perasaan manusia.”

Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam juga pernah menasihatkan, “Apabila salah seorang dari kalian marah dalam kondisi berdiri maka hendaknya dia duduk. Kalau marahnya belum juga hilang maka hendaknya dia berbaring.” (HR. Ahmad, Shohih)

Dahulu ada juga seorang lelaki yang datang menemui Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan, “Wahai Rosululloh, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka.” Maka beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan.” (HR. Thobrani, Shohih)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rohimahulloh juga mengatakan, “Bukanlah maksud beliau adalah melarang memiliki rasa marah. Karena rasa marah itu bagian dari tabi’at manusia yang pasti ada. Akan tetapi maksudnya ialah kuasailah dirimu ketika muncul rasa marah. Supaya kemarahanmu itu tidak menimbulkan dampak yang tidak baik. Sesungguhnya kemarahan adalah bara api yang dilemparkan oleh syaithan ke dalam lubuk hati bani Adam. Oleh sebab itulah anda bisa melihat kalau orang sedang marah maka kedua matanya pun menjadi merah dan urat lehernya menonjol dan menegang. Bahkan terkadang rambutnya ikut rontok dan berjatuhan akibat luapan marah. Dan berbagai hal lain yang tidak terpuji timbul di belakangnya. Sehingga terkadang pelakunya merasa sangat menyesal atas perbuatan yang telah dia lakukan.”

Tips Menanggulangi Kemarahan

Syaikh Wahiid Baali hafizhohulloh menyebutkan beberapa tips untuk menanggulangi marah. Diantaranya ialah:

  1. Membaca ta’awudz yaitu, “A’udzubillahi minasy syaithanir rajiim”.
  2. Mengingat besarnya pahala orang yang bisa menahan luapan marahnya.
  3. Mengambil sikap diam, tidak berbicara.
  4. Duduk atau berbaring.
  5. Memikirkan betapa jelek penampilannya apabila sedang dalam keadaan marah.
  6. Mengingat agungnya balasan bagi orang yang mau memaafkan kesalahan orang yang bodoh.
  7. Meninggalkan berbagai bentuk celaan, makian, tuduhan, laknat dan cercaan karena itu semua termasuk perangai orang-orang bodoh.

Syaikh As Sa’di rohimahulloh mengatakan, “Sebaik-baik orang ialah yang keinginannya tunduk mengikuti ajaran Rasul shollallohu ‘alaihi wa sallam, yang menjadikan murka dan pembelaannya dilakukan demi mempertahankan kebenaran dari rongrongan kebatilan. Sedangkan sejelek-jelek orang ialah yang suka melampiaskan hawa nafsu dan kemarahannya. Laa haula wa laa quwwata illa billaah” (lihat Durrah Salafiyah).

***

Sumber: Buletin At-Tauhid
Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id

  • http://akhisaad.blogspot.com Sa’ad

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh
    Afwan, ana minta izin untuk meng-copy artikel-artikel dari http://www.muslim.or.id untuk arsip di blog ana:

    http://akhisaad.blogspot.com

    Boleh atau tidak ?
    Ana tunggu jawaban dari antum, jazakumullohu khoiron.
    Wassalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh

  • asrun

    assalamu alaikum wr.wb
    terima kasih atas tulisan artikelnya saya permisi untuk meng-copy

    saya orangnya cepat marah..mudah-mudahan dengan artikel ini saya bisa lebih mengontrol hawa nafsu saya….

  • ali

    assalamua’laikum,

    saya mnta ijin untuk menampilkan artikel” d http://www.muslim.co.id untuk blog saya,

    ma’assalam

  • Galih

    assalamu’alaikum,
    sebelumnya ana mohon maaf kepada ikhwah semua terutama pengelola web. yg sangat bermanfaat ini, krn ana sering mengkopi utk internal milist di tempat ana bekerja dg tanpa ijin sebelumnya.
    oleh krn itu ana mohon ijin kepada ikhwah sekalian utk mencopy utk keperluan tsb.
    jazaakumullohu khoiron katsiron
    mohon dibalas…
    wassalamu’alaikum,
    aba fathima

  • http://www.muslim.or.id Muslim.or.id

    Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh
    Jazakumullah khairan akhi Galih, semoga dakwah ini menjadi tersebar luas.

  • lyla

    ass,alhamdulillah ana br bergabung di muslim ini, moga ana py byk waktu to belajar to menambah ilmu ana ttg agama islam yg minim n dpt ilmu yg manfaat…amin…mg qt semua selamat yach…trims to muslimn wass

  • http://greyflower.blogspot.com Fitriani

    mohon ijin copi artikel nya yahh…buat blog sayah

  • Dadan

    Assalamu’alaikum,
    af1 sebelumnya kepada ikhwah semua. ana sering mengkopi artikel-artikel yang ada di sini untuk di sebarkan kepada saudara saudara ana yang lain. sekalian ane minta ijin untuk bisa mengkopi artikel-artikelnya.
    Wassalamu’alaikum

  • lia

    jazzakumullah atas taujihnya, saat membuka website ini sesungguhnya ana dalam keadaan marah. tapi alhamdulillah taujih yang antum sampaikan dapat meresap dihati ana. sekali lagi jazzakallah.

  • Saudara Muslim

    La Taghdob

  • anisha

    Alhamdulillah artikel ini bgus skali.Sy sring terjebak dlm kmrahan yg meledak2 pdhal seandainya jk saya sadar,itu merupakan ujian yg diberikan oleh Allah.Saya sngat malu dan berharap dpt selalu membentengi diri dr amarah.Saya mnt izin utk mengcopy artikel ini.Smga amal ibadah

  • muhammad zaidan

    Kajian Umum Dan Bedah Buku PANDUAN LENGKAP NIKAH, Pemb. Ust. Abu Zubair Al-Hawary AHAD 25 JANUARI ’09 Jam 08.00 WIB-Selesai, MASJID RAYA KARANGANYAR SOLO JATENG

  • Abu Ilman

    Afwan, ana izin mencopy paste artikel wassalam

  • u217

    Assalamu’alaikum,
    af1 ana mhn izin utk meng-copy artikel ini.

    syukron

  • Deliansyah

    Assalamu’alaykum,
    Mohon maaf bila sebelumnya ana sering mengcopy artikel dan menyebarluaskan tanpa ijin dengan tujuan dakwah pada teman-teman dan keluarga. Sekaligus ana minta ijin untuk tujuan tersebut.
    Kalau boleh mengingatkan kepada ikhwah sekalian agar jangan sampai berdebat dalam menyampaikan dakwah ini. Hidayah datangnya dari Alloh subhana wa ta’ala. Kewajiban kita hanya menyampaikan.
    Wassalamu’alaykum

  • http://qurrataaayun.blogspot.com/ tun_telani

    Salam.. requesting permission to copy the points of the article. jzkk

  • Mistiarsih

    Asslmualaikum wr.wb,Saya sangat suka dg artikel ini,tapi kalau boleh tanya gimana caranya agar kita lebih bisa menahan rasa marah kita?

  • http://etalaseilmu.wordpress.com dudie setiawan

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh
    sy sering membaca artikel-artikel di web ini, sgt brmanfaat bg sy & klrg khususnya, klo boleh sy minta izin uunk menyalin artikel-artikel disini. Wassalam

  • abi Zalfaa

    afwan
    ana copy untuk dakwah
    syukron

  • http://muslim.or.id R.A Karimah

    Assalamu’alaykum, . .
    Afw,.ana mhon izin utk mgcpy..
    jzk

  • http://rifalucenter.blogspot.com heri hermawan

    assalamu’alaikum.wr.wb

    Alahmdulillah, petunjuk Allah datang kepada ana melalui website ini.
    sungguh ana lega sekali, setelah mendapat ajaran mengenai hal marah.
    sebab ana adalah pemarah dan gampang marah. dan pada saat ana ingin merubah sifat tidak terpuji ini, ana mendapatkan kepuasannya melalui website ini.
    ana sampaikan jazakumullohu khoiron.
    smg dibalas dengan pahala yang berlipat.
    Amiin

    wassalamu’alaikum.wr.wb

    rifalucenter.blogspot.com

  • Muhammad Ridho

    Semoga bermamfaad dan diamalkan bagiku dan bagi pembaca lain nya

  • Nurul lintang

    Insya Allah akan lbh menjaga hati n berbesar hati tk tidak marah krn jujur marah tuh bikin cape ati..tp alhmd..saya kalo marah lbh baik diam ambil wudu n shalat,berdoa n pasrah minta yg terbaik..serahkan smua urusan sm Allah SWT niscaya hati akan lbh tenang n jauh dari rasa ingin marah.

  • may

    kmrn aq marah sekali melht kesombongan seseor yg merendahkan or lain dlm pekrj. mmg temanku ini terglg or yg pinter, tp krn kepinterannya itulah shg ia bersikap menganggap or lain ga da artinya, or lain sll salah ! ya Allah, jauhkan hamba dari or2 spt ini, jk di lingk kerjaku aq tdk membr manfaat bg or lain maka jauhkanlah aku dari lingkungan ini ya Allah……….jangan biarkan or2 sombong ini bagian dari hdpku…..amin.

  • abu habib

    pada masa sekarang ini semua rakyat indonesia sdh saatnya mengamalkan ajaran islam khususnya ajaran nabawi dari Rosulullah,saat ini ajaran beliau tidak kalah hebatnya dengan ESQ. kita lihat dari yang anak-anak sampai anggota DPR mudah sekali “marah” shg akibatnya jelas banyak madhorotnya. ayo..ihwan/ahwat kita belajar mencontoh uswah kita ….. wassalam. jazakumullah

  • Devi

    Assalamualaikum…
    Saya izin menggunakan link utk wall post saya….Jazakallah…

    Wassalam,
    Devi Fitrianah

  • Singgih

    Assalamualaikum.

    Subhanallah, ternyata segala sesuatu yang dilakukaan dengan amarah. benar2 sangat merugikan diri sendiri n juga orang lain.
    Astagfirullahalazim..
    Mudah2an ana bsa menjadi orang yg bisa menahan amarah di dalam jiwa ini.
    Syukron jazakumullah Khairan Kasir.

  • abu fita

    Assalamualaykum. lihat #kasus priok# masyaalloh… saya ngeri!!!! melihat orang yang tdk berdaya dihajar habis-habisan, padahal mereka mengaku umat islam, na’udzubillah… ana berharap saudara2, ikhwan belajar dulu sebelum menyebut diri beragama Islam. paling tidak baca manfaat di muslim or.id syukron.

  • Faizah Jois

    Assalaamu’alaikum…
    Ana izin copas untuk blog dan share dgn teman2 di fb ya…
    Syukron.
    Wassalaamu’alaikum

  • Abu Ifara

    Assalaamu’alaikum
    Saya mohon ijin untuk mengcopy artikel untuk dakwah dan kliping di sekolah
    Syukron
    Wassalaamu’alaikum

  • Pingback: Jangan Marah « darmawan fatriananda .

  • dhana

    sangat bermanfaat artikel ini.mudah mudahan kedepan ana bisa nahan marah dan ga kebablasan lagi.syukron nasihatnya datang di saat yang tepat.

  • http://www.cambai.multiply.com dian onasis

    mohon ijin mengkopi dan melink tulisan ini ya..

    terima kasih…

  • abu hudzaifah

    assalamualaikum
    minta izin untuk di sebarkan ke teman2. terima kasih

  • Ibnu Ahmad Al-Tsyghanjury

    Sangat ringkas dan bagus, semoga bermanfaat untukku dan yang lain

  • Pingback: Syaikh As Sa’di rohimahulloh mengatakan,… « Kata-Kata Mutiara Dari Para Ulama Salaf

  • Boyke

    Alhamdulillah,ane ketemu yg bikin ‘sejuk’ hati
    gak melulu maksiat di internet,ane lagi belajar islam,mohon maaf ane gk izin langsung copy paste.buat bekal ane dan teman2 ane di kapal..kami kering kerontang tanpa Pencerahan.
    Trimakasih..wassalam

  • ulan

    aLhamduliLah Q bisa taU apa itu maRah..Q ambiL maNNfattNyaNy darI Blok ini..izin copY yah

  • http://www.azizyusron.com yusron

    aslmkm
    terima kasih tipsnya..
    namun terkadang dewasa ini jika seseorang menahan marah dengan diam malah dianggap pengecut.. tp jangan dpedulikan, toh keuntungan ada d tangan kita yg bisa mengendalikan amarah.

  • dedi

    Mohon ijin copas ya… artikelnya bagus…

  • SP

    Numpang salin ya pak ustadz untuk di blog saya..syukron

  • http://melileakuamangkuning.blogspot.com adzka

    alhamdulillah,
    saya mohon ijin mengcopy…
    semoga anda bisa mendapatkan ilmu yang lain jika anda berkenan saya mengcopy..
    amin..

    jazakumullah..

  • http://znrock.multiply.com Miyazaki Kinugasa

    Assalamu`alaikum..
    Kata Khotib Jum`at ,katanya *maaf.
    Jk tidak salah,salah satu penyebab banyak bencana itu adalah: MARAH & ZINA.

  • http://znrock.multiply.com Miyazaki Kinugasa

    Comment via handphone susah ya

  • http://muslim.or.id aris

    saya tau marah itu ajakan syaiton tp gak sedetail ini. terimakasih pak ustad sekalian izin copast

  • mang hendar

    terima kasih atas ilmunya

  • seming

    Artikelnya sangat bagus,smoga bermanfa’at bagi semuanya.
    Salut.

  • rifqy haidar

    su’kron ustZ ,,, semoga tetap istiQOMAH ,,,

  • rifqy haidar

    ASSLAMUALAIKUM
    astafuminkum an showim ya artiklx …

  • http://ibndahlan.wordpress.com/ Anaknya Dahlan

    pengendalian marah adalah dengan sabar, sedangkan pahala sabar tidak ada batasnya..

  • isem

    kalo udah d bawa duduk,tidur,kalo udah bangun ingat lagi,marah lagi,dadanya panas,tolong beri kiatnya.trim

  • juju

    asykurkum ala` nasiihatuka,,
    syukron jaziilan,,

  • Pingback: Saya Marah? « annova

  • Pingback: Satu Point Penting Kehidupan : Sabar | ForShare!!

  • Pingback: Point Penting Kehidupan : Kesabaran | ForShare!!

  • Pingback: Jangan Marah…

  • temy suhuda

    terima kasih artikelnya, sy temukan dengan mudah saat sy membutuhkannya, sy share ke teman2 yang lain ya….:-)

  • Pingback: Pelajaran Dasar Agama Islam — Muslim.Or.Id

  • Pingback: Tahanlah Amarah « Catatan si Boy

  • Pingback: aditcahyo » Blog Archive » Jangan Marah…

  • abu Haikal

    Masya Allah,, bermanfaat sekali tulisan ini, sy mnta izin utk share.
    Syukron-Jazakumullahu khoiro

  • Pingback: Hayo, Kendalikan Marahmu | She Has A Blog

  • Pingback: Marah | JNYnita

  • Pingback: Jangan Marah | JNY's Notes

  • abdul

    baru tau,

  • Dicky

    Subhanallah, begitu berat mengendalikan amarah. Namun Nabi SAW selalu punya cara untuk menundukkannya. Allahumma shollu ‘alaihi..

  • http://pasinaonati.blogspot.com eko haryanto

    assalamu’alaikum.. :)

    izin share akh, terimakasih

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.