Adab Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi


Hari Jumat adalah hari yang mulia, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia memuliakannya. Keutamaan yang besar tersebut menuntut umat Islam untuk mempelajari petunjuk Rasulullah dan sahabatnya, bagaimana seharusnya msenyambut hari tersebut agar amal kita tidak sia-sia dan mendapatkan pahala dari Allah ta’ala. Berikut ini beberapa adab yang harus diperhatikan bagi setiap muslim yang ingin menghidupkan syariat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jumat.

1. Memperbanyak Sholawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

2. Mandi Jumat

Mandi pada hari Jumat wajib hukumnya bagi setiap muslim yang balig berdasarkan hadits Abu Sa’id Al Khudri, di mana Rasulullah bersabda yang artinya, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR. Bukhori dan Muslim). Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menggunakan Minyak Wangi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR. Bukhari). Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Makna hadits ini yaitu para sahabat memulai sholat Jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat zuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu, kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.” (Lihat Fathul Bari II/388)

5. Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib

Abu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

6. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Ketika Khatib Berkhotbah

“Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

7. Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat

Rasulullah bersabda yang artinya, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

8. Membaca Surat Al Kahfi

Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)

Demikianlah sekelumit etika yang seharusnya diperhatikan bagi setiap muslim yang hendak menghidupkan ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika di hari Jumat. Semoga kita menjadi hamba-Nya yang senantiasa di atas sunnah Nabi-Nya dan selalu istiqomah di atas jalan-Nya.

(Disarikan dari majalah Al Furqon edisi 8 tahun II oleh Abu Abdirrohman Bambang Wahono)

***

Penulis: Abu Abdirrohman Bambang Wahono
Artikel www.muslim.or.id

  • Muhammad

    Mau Tanya: Bolehkah Shalat Jumat dilakukan di Musholla (Masjid Kecil) yang tidak dilakukan shalat 5 waktu di dalamnya???
    Apakah Shalat Jumat hanya boleh dilakukan di Masjid Jami’ saja??

  • http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/adab-pada-hari-jumat-sesuai-sunnah-nabi.html wong dheso

    memperbanyak Sholawat nabi apakah di perbolehkan ?

  • Toni Dermawan

    Assalamulaykum,

    Kalau adab setelah sholat jum’at ada nggak?Termasuk makan setelah sholat jum’at apakah masuk sunnah?

  • irwan

    semoga tulisan tengku berguna bagi umat amien..

  • gus pur

    apkah bagi wanita yg menjalankan sholat jum’at hrs menjlnkan sholat dhuhur lagi……..

  • http://www.islam.com Bondet

    Apakah orang muslim yang tidak melakukan sholat Jama’ah atau sholat ber sama,apakah itu bukan orang Islam.

  • meigik sugiharto

    smg kt bisa menjalankan dan diberi kemudahan oleh Allah, salam.

  • novi yanti

    Assalamualaikum,..
    apakah ini adalah mengagung2kan hari jumat?

  • http://kangage.multiply.com agus rudy yanto

    Asslm..
    Ustad saya salah satu crew kapal pesiar amrika dan eropa, sahkah sholat jum’at saya apabila dilaksanakan pada jam 2.30 padahal jadwal sholat dzuhur itu pada jam 13.00 waktu amerika, pada saat itu saya selalu ragu untuk melaksanakannya. kemudian apakah saya itu bisa di katakan musafir atau dalam perjalanan akan tetapi saya bertempat tinggal di sana selama 10 bulan, kalo dikatakan musafir bolehkah seorang musafir meninggalkan sholat Jum’at? mohon penjelasannya saya benar2 awam pada masalah ini…zajakamulloh..
    waslm

  • http://kangage.multiply.com agus rudy yanto

    sudah 1 bulan pertanyaan saya gak ada yang jawab mungkin salah tempat ini kan komentar..ya oh ya..kalo mau bertanya langsung di forum apa ya..penting banget nii..

  • Galih Aba Fathima

    langsung aja ustadz, apa jawaban utk pertanyaan gus pur sdh ada jawabnya, krn ana gak bisa lihat/baca. jakumullohu khoron.

    quote :
    gus pur

    May 15, 2009, 11:27

    apkah bagi wanita yg menjalankan sholat jum’at hrs menjlnkan sholat dhuhur lagi……..

  • Fanda

    as………
    sebenarnya bisa kita istilahkan dengan sunnah atau mubah sholat jum’at bagi wanita itu………….? tolong penjelasannya besertakan dalil-dalil yang dapat memberikan pemahaman kepada kami?……… terima kasih

  • abu ‘aliyah

    akhy, mau tanya tentang hadits:

    Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)

    dihbungkan dengan perkataan Ibnul Qayyim:
    Dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata: Semua hadits yang mengatakan, barangsiapa membaca surat ini akan diberikan ganjaran begini dan begitu SEMUA HADITS TENTANG ITU ADALAH PALSU.

    sumber:http://muslim.or.id/manhaj/derajat-hadits-fadhilah-surat-yasin.html

    Mohon penjelasan.

  • http://www.yahoo.com herlina

    saya mau tanya
    suami saya sekarang ada di tengah laut (offshore) Nigeria, disana tidak ada fasilitas masjid, N” tmennya juga non muslim semuanya, padahal dia awalnya memilih nigeria krn ngr muslim, tp ternyata di tmpt kerjanya tdk ada tempat untuk sholat, kalo sholat fardhu mgkn bisa di kamar, tapi bgmn dengan sholat jumat??? Sedangkan dia menetap di tmpt krj selama 2 bulan.
    mohon jawabannya, terimakasih, wassalam

  • Harun Rasidi

    Saya punya pengalaman pada waktu shalat jum’at. Ketika saya shalat jum,at, pada rakaat kedua terlihat oleh saya kotoran cicak ditempat sujud kondisi masih basah, saya merasa shalat saya tidak syah jadi dirumah saya shalat zohor lagi. Pertanyaan saya : syahkah yang saya lakukan itu?

  • jejen

    Asalamualaikum…wr.wb.
    Terima kasih untuk artikel ini dan ini sangat membantu sekali bagi saya dalam kehidupan sehari2 khususnya di hari jum’at, seandainya orang2 yg mengaku dirinya Islam membaca artikel ini sudah barang tentu akan mengikuti sunnah Nabi tersebut.
    Kalau saya boleh saran kepada Saudara2 seagama mari ikuti perintah
    dari Al Quran dan Hadist sebagai pegangan hidup kita. semoga kita termasuk orang2 yg beruntung nantinya. Amin
    Wasalm…

  • dian herdiansyah

    ijin copy

  • amad abdul muiz

    tlong adab snnnah_nya ditamvbah lg zwaaaaaaaaaaaa……………….ya misal slt ,tha……………………wazkum

  • josuwa

    subahanallah….mudah2an orang yg membaca artikel ini,ter buka pintu hatinya,kemudian mengamalkan ajaran sunah jum”atnya.wassalam..

  • Abu Nabila

    Disisi imam2 ahli hadits, imam Hakim itu terkenal banyak salahnya di dlm men-syarah-kan hadits.

  • agie

    maaf
    ana izin copyartikel nya ya

  • Dwi

    assalaamu’alaikum wr. br
    Ijin Copas…:D
    sukron

  • ummu luthfan

    syukron atas ilmunya… sekalian ana izin mengcopynya

  • Dens

    Izin share ya pak..Syukron.

  • Pingback: Adab Hari Jum’at Sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam « Belajar Sunnah

  • Musta’in

    Allahumma Shalli ‘ala Sayyidina Wa Maulaana Muhammad

  • Syah

    Aslam…
    Izin copy semua artikelnya…
    Thank’s
    Wslam…

  • sofyan

    Izin share ya……syukron alaa maqolaatihi

  • saepulloh iip

    kita bisa seperti ini dikarnakan guru-guru kita, terimakasih

  • Jufiarti

    Ass.wr.wb

    Izin saya mengkopi artikel ini.

    Thanks

  • ummu rama

    Assalaamu’alaikum,
    ana ijin share artikel2nya. jazaakumulloh khoiron

  • margono

    Assalamu’alaikum
    alhamduILLAH..semoga ALLAH menbahkan ilmu untuk saya karena artikel ini…dan semoga penerbit artikel ini di lapangkan segala urusannya oleh ALLAH SWT. mohon ijin untuk menyebarkan ilmu ini…jazaakumulloh khoiron

  • http://www.facebook.com faisal anwar

    Ijin share ya jazakallohu khoiran

  • heri

    Jazakumullah kr ktzrn

  • faqihudin

    assalamualaikum, maaf sebelumnya
    saya mohon ijin untuk meng’copy artikel ini terima kasih.

  • eko

    Alhamdulillah….artikel yang sangat bermanfaat, ana izin copy paste, jazaakumulloh khoiron

  • bagus

    jazakumullah,ijin kopy ya sohib

  • abi ghazali

    jazaakumulloh khoiron, ijin copy paste ustad

  • Kustanto

    barokallaahufik, ijin share..

  • andri

    Alhamdulillah, terima kasih pencerahannya…
    berangkat ke masjid dulu yuk

  • indra

    Saya copy artikelnya.. terima kasih
    Semoga Allah memberikan pahala atas amalan anda.
    Wassalam

  • tono

    izin copy. sukron katsiron

  • Teddy

    Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat
    apakah ini sholat Rawatib?

    Jazakallah

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Teddy
      Bukan.

  • abdullah

    bagaimana dengan para jemaah yang tidak mengikutti khutbah secara keseluruhan? apakah ibadah shalat jumat nya sah?
    syukron.

  • abu hanif

    Assalamu’alaykum ustad…
    Ana mau tanya, banyak sekali dan sering ana dengar bahwa katanya mendatangi istri pada malam jum’at adalah sunnah rosululloh. Apakah perkataan ini benar dan ada dalilnya..? Mohon penjelasnya. Jazzakalloh khairon..

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #abu hanif
      Wa’alaikumussalam. Setahu saya Imam Ahmad mengajarkan untuk mengumpuli isteri di pagi hari Jumat karena pemahaman beliau untuk hadits:
      من غسل واغتسل

  • syaiful

    apakah ada sunnah tidur sebelum sholat jum’at??

    • http://rumaysho.com Abduh Tuasikal

      @ Syaiful
      Untuk hari jumat biasa setelah shalat jumat yg disunnahkan untuk tidur.

  • alfurqan

    sy pernah dngar d masjid smping kos sy, katanya waktu mandi ini boleh dilaksanakan pada waktu stelah shalat subuh sampai sblum waktu shalat jumat dlaksanakan, apa pndapat ini benar??

  • Djokolono

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Terima kasih Sahabat perkenan nyomot ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan didunia dan dikahirat kelak.

    Ya Allah, yang mengelola web ini adalah Saudaraku yang sangat baik, kuatkanlah keimanannya, berikanlah kenikmatan ibadah, perkayalah dia dengan ilmu yang bermanfaat, berkahilah dia, bahagiakanlah dia.
    Ya Allah hiasilah hatinya dengan kesabaran, kelembutan, kasih sayang dan kerendahan hati.
    Ya Allah, ampuni dosa-dosanya dan maafkanlah kesalahannya, tinggikan derajat, muliakan dia dengan ketaqwaan dan perindah fisik dengan kesehatan dan kebugaran, serta mudahkan segala urusan dan rezekinya. Kuatkan kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan konsisten dan konsekuen dalam menegakkan Syari’at MU. Amiin.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Djokolono

  • fatir

    ustd ana izin copas utk notes ana..jazakalloh khoir

  • http://www.muslim.or.id fatir

    ustad ana izin copas utk note ana,,jazakalloh khoir

  • http://www.akwat.web.id Ibnu Mahmud

    Assalàmu ‘Alaikum..
    Afwan, saya pernah mendengar dan membaca bahwa ada juga ulama yang melemahkan hadits membaca Al-Kahfi pada hari Jum’at. Yang mana lebih dekat kepada kebenaran, SHAHIH atau DHA’IF?
    Syukron

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #Ibnu Mahmud
      Wa’alaikumussalam, sanadnya shahih tanpa ragu. Hanya saja haditsnya mauquf, namun dianggap marfu’ karena bukanlah ranah ijtihad sahabat. Allahu’alam.

    • http://ustadzaris.com Aris Munandar

      #Ibnu Mahmud
      Wa’alaikumussalam, yang benar, shahih.

  • hamba Allah

    bismillah, ijin share yaa…Jazakumullahu khair.

  • agus

    assalamualaikum

    mohon ijin untuk di share y mas…

    jazakalloh khoir

  • iyan pria

    Qt d ciptakan oleh Alloh maka qt kan kembali Kepadanya jg

  • Asmawi

    Alhamdulillah,semoga allah menambah ilmu pada kita semua

  • Rinaldi Walim

    Tks

  • http://www.kajiansunnah.net kajian sunnah

    Assalamu’alaikum ust. izin ana share lagi artikel ini untuk blog kajiansunnah.net

    jazakallah.

  • http://farusganteng.wordpress.com farus

    sangat berkah lagi kalo diperbanyak amal perbuatan…

  • akhmad supriyadi

    alhamdulillah….. smoga ustad slalu mdpat Berkah Allah SWT….. Amiin…..

  • http://www.langsingdiet.com joko

    makasih infonya ya…..
    InsyaAllah info ini bermanfaat untukku dan lainnya.

  • ijoyo ardi

    bersyukur q hanya kepada allah yg selalu menuntun kepada ilmu yg haq,, yaallah tambahkanlah ilmu ,,,,yaallah jadikanlah ilmu yg bermanfaat ,rizeki yg halal lagi baik dan amal yg kau terima amin ,,,,jazakallah khoir

  • show -ikin

    mantab jaya….terimakasih.

  • gan gan

    assalamu ‘alaikum.
    ustadz, terkait nomor 5, Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib. Apakah makasudnya boleh mengerjakan sholat sunat mutlak (dua rakaat-dua rakaat, tanpa batasan max jumlah rakaat) sejak masuk ke masjid hingga sebelum khotib naik mimbar?

    jazakallahu khairan.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      @ Gan Gan
      Wa’alaikumus salam. Iya betul apa yang saudara maksudkan.

  • http://jhaelanieblogs.co.cc Ahmad

    izin ngeshare di web ana mas..
    syukron

  • http://internetdanseo.blogspot.com ifan

    mau nanya . apakah ada sholat sunnah qabliyah jum’at , atau yang dimaksud dengan qabliyah jum’at itu sholat tahiyyatul masjid atau sholat sunnah mutlak ??? syukron

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #ifan
      Shalat qabliyah jum’at yang dilakukan secara tetap dan rutin adalah bid’ah

  • said abdullah

    ijin share ya akhi

  • Adi

    Ustadz, minta maaf tadi Ana Copas duluan sebelum izin, sekarang ana minta izin atas copas Ana tadi.

    Jazakumullah Khair

  • Pingback: Adab Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi « "Bisa Karena Terbiasa"

  • Pingback: Adab Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi | Official Website Organisasi Pasar Baru

  • Pingback: Adab Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi | Rabithah Alawiyah

  • Titik. K

    assalamu’alaikum…ijin share ya…..sukron

  • kholifudin

    ditempat saya klo pas lgi kutbah biasa ada kotak amal berjalan,gmna tuh ?? mhon pencerahannya yaa akhiy?

    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #kholifudin
      Mengedarkan kotak amal ketika khutbah adalah kesalahan panitia masjid, anda sebagai jama’ah hendaknya menasehati jika ada kesempatan dan kemampuan. Ketika kotak lewat, baiknya anda segera berikan ke samping anda, karena jika anda diam akan timbul kehebohan yang mudharatnya lebih besar.

  • http://google.com/robots.txt aaa
    • http://kangaswad.wordpress.com Yulian Purnama

      #aaa
      Memang jumhur ulama berpendapat bahwa qabliyah Jum’at itu ada, namun pendapat jumhur bukan dalil.

  • abdur rahman

    Rasul pernah bersabda: “Apa yang dipandang oleh Muslimin sebagai kebaikan, maka hal itu di sisi Allah juga baik.”

    Rasul juga pernah bersabda: “Tidaklah ummatku itu bersepakat atas kesesatan.”

    Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu`min, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. [QS. An-Nisa: 115]

  • juhadi

    BANYAK BACA BANYAK TAHU BANYAK ILMU MAKIN MAJU ALHAMDULILLAH

  • Halim Rambe

    Aswrwb,terimakasih ilmu agamanya. semoga semakin bermamfaat. Amin ya Allah.
    Mohon izin di copy, terimaksih

  • ahmad

    assalamu’alaikum, akh izin share ya. Jzkllah

  • Pingback: ADAB PADA HARI JUM’AT SESUAI SUNNAH NABI SAW | masjid al barrony

  • Hepran

    makasi gan atas infonya. Jd tau gue adab2nya.

  • RudySafri

    Assalamualaikum p’ ustad

    mohon ijin CP untuk di share …

    jazakalloh khoir

  • Pingback: Adab dan Sunnah Dihari jumat | al-istimata – Suara Hati Umat Islam

  • Andre

    Mohon ijin untuk copy dan share kawan
    terima kasih

  • Pingback: AMALAN HARI JUMAT | novrizalbinmuslim

  • Pingback: Adab Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi - Rohis Gibraltar

  • Harafi Mulki

    nice Post mas
    ana ambil yah
    Visit : harafimulki.blogspot.com

  • Pingback: Fatwa Ulama: Hukum Mandi Hari Jum’at « Al Bayyinah Haqqul Mubiin

  • Pingback: AMALAN HARI JUMAT | novrizalbinmuslim

@muslimindo

    Message: Rate limit exceeded, Please check your Twitter Authentication Data or internet connection.